Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Depan FIA Batasi Aktivasi DRS Saat Latihan dan Kualifikasi

Bagja - Sabtu, 17 November 2012 | 08:32 WIB
No caption
No credit
No caption


Musim depan, FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia, akan membatasi penggunaan DRS (Drag Reduction System) alias sayap fleksibel selama sesi latihan dan kualifikasi, terkecuali di zona lokasi yang telah ditentukan. Sejak sistem DRS diperkenalkan di awal musim 2011, penggunaan DRS di semua sektor sirkuit pada sesi latihan dan kualifikasi masih dibebaskan.

Tapi tahun depan delegasi teknis FIA sekaligus direktur balapan, yaitu Charlie Whiting menginformasikan pada semua tim dan pembalap, bahwasanya tahun depan mereka tidak akan bebas menggunakan peranti DRS. FIA yang sangat konsen dengan keselamatan para pembalap, melihat celah terjadinya peluang kecelakaan jika DRS diaktifkan pada semua bagian trek.

"Kami akan melarang penggunaan DRS di semua lokasi selama sesi latihan dan kualifikasi, kecuali di tempat yang telah ditentukan dalam balapan," tegas Whiting. "Kami telah membicarakannya kepada tim dan pembalap, sebab ini menyangkut soal keamanan. Begitu banyak insiden dan para pembalap menganggapnya sebagai sesuatu yang sudah lazim.”

Dengan perubahan ini, Whiting sangat yakin bahwa keuntungan dari sistem DRS tidak akan berkurang musim depan. Toh FIA hanya merevisi saja, agar tidak terjadi insiden yang bisa saja terjadi. Seperti yang dialami Sergio Perez di sesi kualifikasi Formula 1 Monako tahun 2011 lalu.

Faktor positif yang lain adalah tim yang tidak memiliki pengembangan sistem DRS yang terbaik, pun tetap bisa bersaing dengan paket aerodinamika seadanya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa