Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Pasrah, Balap Malam Dilarang PP IMI!

Bagja - Selasa, 24 April 2012 | 17:52 WIB
No caption
No credit
No caption


Seperti yang pernah beritakan sebelumnya, bahwa musim ini Yamaha berniat memperbanyak balap malam dengan mengalokasikan 3 dari 9 seri Yamaha Cup Race (YCR), kemungkinan besar dibatalkan dan bakal dilangsungkan pada siang hari. Ketiga seri night race tersebut adalah YCR seri Lampung, Jember dan Makassar.

Namun ternyata Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) dengan tegas menolak adanya balap malam di Indonesia. Lewat edaran terbarunya, PP IMI menyatakan pengurus provinsi (Pengprov) IMI tidak akan mengeluarkan ijin atau rekomendasi kegiatan balap malam. "Balap malam hari khususnya road race sangatlah berbahaya dari segi keselamatan," tegas PP IMI lewat surat edaran tersebut.

Lalu bagaimana tanggapan Yamaha tentang hal ini? "Karena balap malam dilarang ya terpaksa kami ikut aturan. Apalagi alasannya memang karena safety, kami memang sedang menunggu kejelasan, tapi yang penting ikutin aturannya saja," ujar Ari Wibisono, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Keputusan PP IMI melarang balap malam memang ada benarnya, karena ada beberapa hal yang mengganggu dari segi safety. Hal pertama adalah penerangan yang hanya mengandalkan intensitas cahaya lampu seadanya. Kondisi ini sempat dikeluhkan beberapa peserta YCR tahun lalu, dimana fasilitas penerangan dirasa kurang memadai.

Hal kedua adalah suhu malam hari yang harus diperhitungkan, apakah kompon ban bisa memberikan grip maksimal pada temperatur lebih rendah (dingin) dibanding siang hari. Hal terakhir adalah faktor cuaca, yang tidak mungkin membalap di malam hari jika hujan turun. Dimana bias lampu akan membuat pandangan pembalap pada trek jadi tidak fokus.

Nah, jika ingin tetap melaksanakan balap malam, tentunya ketiga hal ini harus dipikirkan matang-matang! (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa