Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Pompa Air Elektrik Di CBR 150 Naik, Mesin Lebih Adem

Editor - Selasa, 25 Mei 2010 | 09:54 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Performa diting­kat­kan, seperti bore-up kapasitas mesin, berarti energi yang dibutuhkan pun naik, alhasil panas mesin pun meningkat. “Kalau begini pendinginan standar dirasa kurang,” ujar Leonardo dari Performa Motor, di kawasan Jl Kamboja, Tomang, Jakbar. Akhirnya diakali dengan pompa air elektrik asal tunggangan roda empat. Adeemm

JAGA TEMPERATUR
Hal ini bisa dilakukan pada semua motor ber­pen­dingin air, sebagai contoh pada Honda CBR bore- up 170 cc. Bagaimana pasangnya? Pertama-tama tentu membuka fairing dan melepas cover water pump asli yang posisinya sama dengan bak kopling (gbr.1). Di dalamnya terdapat gir yang perlu dilepas, karena tidak digunakan lagi.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Kemudian, lepas slang dari waterpump, ada yang panjang serta yang pendek (gbr.2), slang ini menuju radiator dan lainnya mengalirkan air pendingin dari radiator setelah ber­sirkulasi di mesin.

Lepas radiator agar memudahkan pe­ma­sangan slang baru yang akan dipasang ke water pump elektrik. Nah, penempatan pompa air elektrik ini mesti diatur, jangan terlalu jauh dari radiator, agar sirkulasi airnya lebih baik dan berlangsung cepat (gbr.3).

Pompa elektrik ini bisa pakai milik Mercedes-Benz lawas, seperti 300 E atau Mercy Tiger. “Harganya mulai Rp 400-500 ribu,” jelas Leo, sapaannya. Nah, agar bisa bekerja, maka perlu suplai listrik.

Ada beberapa pilihan suplai listrik untuk pompa, mulai dari kunci kontak (aki langsung), serta pakai thermoswitch yang terhubung juga dengan kipas radiator.

Sayangnya, jika menggu­na­kan thermoswitch, kerap lambat menghantar listrik untuk pompa, jadi lambat bersirkulasi. “Baiknya dihubungkan saja dengan kontak atau aki, tetapi diberi sakelar sendiri (gbr.4),” katanya. Namun, penggunanya mesti sering melihat temperatur mesin, ketika mulai naik hidupkan saja.

Langsung ke aki tanpa kontak bisa saja, jadi begitu dinyalakan air pun langsung berputar, tetapi risikonya aki cepat tekor dan suhu kerja normal agak lambat dicapai ketika baru start mesinnya.

Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa