Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Transmisi A/T Dalam Kondisi Diam

Editor - Kamis, 14 Oktober 2010 | 08:56 WIB
Cek Transmisi A/T Dalam Kondisi Diam
Cek Transmisi A/T Dalam Kondisi Diam

OTOMOTIFNET - Pernah mendatangi showroom mobil bekas? Jika pernah, pasti Anda menjumpai beberapa penjual mobil tidak semuanya mengijinkan melakukan test drive.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mengetahui kondisi mobil A/T yang akan dibeli meskipun dalam kondisi diam dengan memperhatikan hal berikut.

Hidupkan mesin dan periksa dipstick oli matik lalu lihat dan cium olinya. Warna coklat kehitaman disertai bau gosong dan terasa ada serpihan serbuk logam, menjadi indikasi kurangnya perawatan.

Tarik rem tangan dan injak rem kemudian geser tuas transmisi dari P ke R, N ke D dan rasakan tenaga yang ada tanpa menginjak pedal gas. Jika ada sentakan yang berlebihan, masalah mungkin terjadi pada mounting transmisi atau sil di dalam transmisi.

Untuk mobil berpenggerak roda belakang, jika terjadi sentakan, kemungkinan masalah terdapat pada sambungan gardan (cross joint) atau di dalam transmisinya.

Terakhir cobalah uji beberapa mobil dan beberapa showroom mobkas untuk memastikan Anda mendapatkan mobil dengan kondisi yang terbaik.

Penulis/Foto: Marcel

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa