Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Transmisi Otomatis, Mulai Konvensional Sampai Dual Clutch

Editor - Jumat, 9 April 2010 | 06:38 WIB
Ragam Transmisi Otomatis, Mulai Konvensional Sampai Dual Clutch
Ragam Transmisi Otomatis, Mulai Konvensional Sampai Dual Clutch

OTOMOTIFNET - Apapun jenis transmisi di mobil, selama pengoperasiannya dilakukan dengan tuas berkode P, R, N, dan D, dikategorikan sebagai transmisi otomatis

Sejatinya transmisi otomatis diciptakan untuk kenyamanan penggunanya. Tidak peduli sistem yang digunakan di dalam gearbox.  Nah, hal ini sering kita telan mentah-mentah tanpa mengenali sistem transmisi yang dimiliki.

Dengan perkembangan teknologi yang terjadi, sistem di dalam transmisi otomatis pun berkembang pesat.

Tujuannya selain meningkatkan kenyamanan penggunanya, perangkat ini harus mampu meminimalkan kekurangannya berupa kehilangan tenaga akibat gejala selip yang lazim terjadi pada mekanisme di dalam transmisi matik.

Transmisi otomatis konvensional

Inilah transmisi otomatis yang sebenarnya. Transmisi ini menggunakan sistem hidraulis untuk meneruskan tenaga mesin ke roda. Jenis ini merupakan transmisi otomatis yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Oli menjadi media utama yang mengoperasikan transmisi, termasuk untuk meneruskan tenaga mesin ke girboks.

Untuk mengurangi hilangnya tenaga mesin yang disalurkan melalui sistem ini, digunakanlah pengendali elektronis berupa sensor, switch,  komputer, dan aktuator. Selain untuk meningkatkan kenyamanan pengendara, komputer juga berfungsi sebagai otak yang menterjemahkan keinginan dan gaya mengemudi.

Jika sebelumnya perpindahan diatur melalui tekanan pada accumulator piston  di body valve, sekarang digunakan katup elektronis yang disebut solenoid.

Katup tersebut diatur secara elektronis sehingga setiap perpindahan bisa lebih optimal. Selain itu desain gearbox  juga disempurnakan guna menghasilkan tekanan yang lebih kuat untuk meminimalkan loss power  yang terjadi.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa