Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kecelakaan Jalan Raya 2011, Dalam 10 Bulan, 844 Nyawa Melayang

billy - Senin, 19 Desember 2011 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Faktor manusia menjadi penyebab paling banyak kecelakaan yang terjadi di jalanan ibukota sepanjang tahun 2011. Selain faktor manusia, juga kendaraan, lingkungan dan jalan. Demikian disampaikan Ajun Komisaris Besar Polisi Drs Wahyono, MH, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dalam evaluasi Operasi Zebra yang digelar 28 November - 11 Desember 2011, Selasa (13/12).

EMPAT FAKTOR
"Faktor manusia ini menempati peringkat pertama penyebab kecelakaan. Bisa karena ngebut, menerabas lampu merah, masuk jalur busway dan tindakan tidak tertib lainnya. Kenapa faktor manusia menjadi utama, karena kalau sepeda motor itu kan benda mati. Motor biasanya dimodifikasi dengan menaikkan kapasitas mesin yang ada. Sedang lingkungan dan jalan menjadi faktor berikutnya seperti karena habit lingkungan yang kurang mendukung serta jalanan licin dan berlubang. Apalagi sekarang mulai masuk musim hujan," ujar Wahyono.

Jumlah pelanggaran terbanyak masih ditempati sepeda motor. Bahkan dibanding tahun lalu kenaikannya hingga 30 persen. Hal ini disadari memang populasi sepeda motor terus bertambah secara signifikan. Motor sudah dianggap sebagai raja jalanan sekarang ini. Lalu kemudahan mendapatkan dengan cara kredit dan uang muka ringan, ikut andil sepeda motor sekaligus menjadi faktor terjadi kecelakaan dan pelanggaran paling banyak.

Namun ketika ditanya merek sepeda motor apa yang paling melakukan pelanggaran, mantan Kapolres Blitar ini tidak bisa mengungkapkan secara detil dan spesifik. "Susah kalau merek apa yang paling banyak melakukan pelanggaran. Yang jelas, kami sekaligus melakukan edukasi dengan menyarankan melengkapi perangkat sepeda motor termasuk selalu membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat  Izin Mengemudi), melakukan pendidikan ke sekolah dengan  go to school, safety riding hingga memperbaiki sistem pengajuan pembuatan SIM baru," tutur Wahyono.

Dari pelaksanaan Operasi Zebra 2011, tercatat 81.043 pengguna kendaraan ditilang dan 27.124 diberikan sanksi teguran. Selama kurun waktu operasi, korban kecelakaan berusia 20-30 tahun sebanyak 85 orang. Sedang korban 31-40 tahun sebanyak 50 orang. Diketahui di sini, pengendara dengan usia produktif paling banyak terlibat sebagai korban kecelakaan," lanjutnya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa