Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Fog Lamp Kuning, Perpaduan Fungsi Dan Gengsi

billy - Jumat, 30 September 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Seperti pada dunia mode, penggunaan aksesori di pakaian selalu berulang. Enggak hanya sekali, bahkan bisa berkali-kali. Demikian pula tren aksesori di mobil. Seperti tren foglamp berwarna kuning yang dulu sempat muncul di tahun 1990-an.

Diawali dengan banyaknya produk keluaran pabrikan yang menggunakan lampu berkelir kuning ini. Seperti Toyota Kijang Kapsul, KIA Carnival dan lainnya. Tetapi setelah itu hilang dan muncul lagi di awal tahun 2.000-an yang lantas menghilang lagi.

“Namun sekarang foglamp warna kuning kembali banyak dicari lagi. Lantaran dipicu maraknya mobil-mobil drifting yang pakai lampu seperti ini," tutur Dede Louis dari Kirana Motor di Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan. Selain itu tren ini juga karena mobil-mobil JDM (Japan Domestic Market) di Jepang yang juga mengadopsi gaya ini.

Pemakaian foglamp berwarna kuning ini diyakini punya fungsi selain buat gengsi. Seperti, cahaya kuning bisa menembus kabut maupun hujan lebih baik dibanding yang berkelir putih. Sehingga lebih bermanfaat saat dipakai pada kedua kondisi itu.

No caption
No credit
No caption

 Cahaya mampu menembus kabut
Selain itu, penggunaan foglamp warna kuning terlihat lebih serasi bila disandingkan dengan lampu HID (High Intensity Discharge) yang cenderung putih pada headlamp. Sebagai penyeimbang katanya.

Seperti dilakukan Rama Liberu anggota komunitas EGCI (Estilo Genio Community Indonesia) yang mengaplikasikan foglamp warna kuning pada Honda Civic Estilo berkelir merah miliknya, “Saya pakai warna ini karena di Jepang aslinya lampu kabut Estilo memang berwarna kuning,” tutur Rama. Lantaran memakai produk ini selain mendapatkan fungsi dengan kemampuan cahayanya menembus kabut, gaya ala mobil-mobil JDM (Japan Domestic Market) juga terlihat.

Asyiknya tren ini tidak serta merta mengganti bohlam saja dengan yang berwarna kuning. Tetapi bisa juga pakai trik ala Rendy pemilik Honda Civic Silver tahun 2007. “Saya melapisi stiker berwarna kuning pada lampu kabut mobil, karena saya cuma ingin mobil terlihat gaya saja,” ujar Rendy. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah.


 Bisa diaplikasikan untuk semua jenis mobil (kiri). Pakai stiker hanya untuk gaya(kanan).
Caranya pun gampang, tinggal beli stiker yang banyak dijual di pusat aksesori. Lantas gunting sesuai bentuk foglamp yang hendak dipasang. Lantas tinggal tempel ke permukaan kaca lampu. Pastikan permukaannya bersih dari kotoran sehingga tidak meninggalkan goresan.

Untuk bohlam, merek yang beredar di pasaran saat ini ada Gold Vision, Gold Cap dan Razon, “Harganya berkisar Rp 125 ribu sampai Rp 150 ribu sudah berikut ongkos pasang,” Ujar Dede. Bisa diterapkan pada semua jenis mobil.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa