Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Baru Yamaha, Kalah di Top Speed

Bagja - Kamis, 7 Juni 2012 | 18:59 WIB
No caption
No credit
No caption


Sesi tes resmi MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol (6/6) kemarin, menunjukkan dominasi besar dari tim Yamaha dan tim satelitnya. Meski demikian, Jorge Lorenzo masih merasa tidak ada improvisasi berarti dari mesin tersebut. Sayangnya juara dunia MotoGP 2010 itu tidak menjelaskan di sisi mana mesin baru dari Yamaha itu mengalami kekurangan dan kelebihan.

Namun Cal Crutchlow yang mengalami insiden yang sangat berbahaya di sesi tes MotoGP Catalunya (4/6) lalu, memberikan bocoran tentang performa mesin dan sistem kelistrikan baru dari Yamaha dibandingkan dengan mesin dan sistem kelistrikan yang terakhir kali mereka gunakan untuk balapan di MotoGP Catalunya (3/6) akhir pekan lalu.

“Sesi tes ini cukup positif bagi kami. Saya senang karena sistem kelistrikan bekerja dengan baik. Sistem ini bukanlah kontrol traksi baru, ini hanya sistem yang mengontrol kiriman tenaga dari mesin. Saya sendiri tidak merasakan manfaat besarnya, tapi di pertengahan tikungan itu akan lebih terasa. Pasalnya anda bisa membuka gas dengan lembut,” ujar Crutchlow.

“Saya juga sulit mengatakan itu akan bekerja baik pada ban yang sudah terpakai (ban bekas), tapi kami memang belum mencobanya bersamaan dengan mesin yang baru. Sementara untuk mesin sendiri ada perbedaan pada akselerasinya. Sayangnya mesin baru ini tidak cukup bagus di top speed, makanya kami agak kedodoran di gigi 4, 5 dan 6,” imbuhnya.

Dengan tawaran karakter seperti yang dipaparkan Crutchlow, berarti pasokan mesin baru dari Yamaha tersebut tidak cocok untuk sirkuit yang mempunyai karakter cepat. Ia lebih cocok di sirkuit yang punya karakter pendek-pendek. Sebaliknya dengan mesin lama yang mereka gunakan, Crutchlow merasa lebih mantap di sirkuit berkarakter cepat.

Tidak berbeda dengan Lorenzo, Crutchlow juga tidak tahu kapan mesin baru itu akan mereka gunakan. Tapi yang jelas ia akan menggunakan sistem kelistrikan baru di MotoGP Inggris (17/6) mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa