Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perubahan Besar Regulasi MotoGP Ditunda Hingga 2015

Bagja - Kamis, 3 Mei 2012 | 19:34 WIB
No caption
No credit
No caption


Keinginan Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports (promotor MotoGP) agar segera menetapkan regulasi terbaru MotoGP untuk musim 2013 mendatang, akan ditunda proses aplikasinya hingga tahun 2015. Kesepakatan regulasi baru tersebut meliputi kontrol ECU, pembatasan RPM, pembatasan dana hingga 1 motor per pembalap.

Menurut otoritas terkait seperti FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) sebagai badan tertinggi balap motor dunia, hal ini terlalu kompleks dan terkesan tergesa-gesa untuk ditetapkan musim 2013. Namun untuk aturan pembatasan biaya, sepertinya akan tetap diaplikasikan, agar tim-tim yang berkiprah di dalamnya bisa mengatasi penggunaan biaya yang semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Herve Poncharal sebagai presiden IRTA (International Road Racing Teams Association) atau organisasi tim-tim balap di MotoGP, mengatakan bahwa sekarang kondisinya masih sangat membingungkan. “Sekarang kondisi sedang kacau. Apa yang jadi permasalah di Valencia tahun lalu, sekarang sudah berubah,” ungkap Poncharal.

“Sekarang target utamanya adalah kesetaraan untuk semua tim balap mulai musim 2015 mendatang. Semua pembalap akan menggunakan motor yang sama, dan tidak akan ada lagi dua kategori di kelas tertinggi yaitu CRT (Claiming Rule Team) dan motor prototipe,” imbuh Poncharal.

Takanao Tsubochi sebagai juru bicara Motor Sport Manufacturers Association (MSMA) juga menjelaskan bahwa sebenarnya perubahan regulasi yang besar, antara MSMA dengan Dorna Sports tetap ada kesepakatan. Tapi MSMA butuh waktu yang lebih lama untuk mewujudkan hal itu, dan tidak bisa untuk tahun depan.

Sementara regulasi yang tidak terlalu terlalu memberatkan pabrikan, seperti pembatasan biaya di MotoGP, mungkin masih bisa diaplikasikan tahun 2013. Jelas penundaan ketetapan regulasi MotoGP hingga 2015 khususnya masalah teknis, sisi positifnya cukup banyak. Selain memberikan kesempatan untuk melihat perkembangan CRT, juga memberikan keringanan pada pabrikan untuk siap secara teknis. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa