Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skutik Hadapi Banjir, Maju Tak Gentar Atau Memutar?

Editor - Senin, 18 Oktober 2010 | 11:07 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Derasnya curah hujan yang mengakibatkan banjir di hampir seluruh wilayah Jabodetabek belakangan ini mengganggu mobilitas pengendara motor. Termasuk pemilik motor matik atau skutik (skuter matik) yang menganggap ‘musuh’ terhadap air.

Kalau sudah menemui banjir, suka gak suka pilihannya cuma dua. Balik arah atau maju terus. Salahnya tak sedikit skutikers salah memrediksikan ketinggian air atau karena tak dibekali skill yang cukup. Nah, supaya risiko tak terlalu besar, sebaiknya perhatikan faktor safety riding dan teknis motor matik Anda sebelum ambil keputusan nerjang banjir.

No caption
No credit
No caption

.

No caption
No credit
No caption

Komponen dalam boks CVT, harus dibersihkan sehabis ‘main air’.
No caption
No credit
No caption

Dek bawah skutik, bentuknya yang gak membelah air dapat mengganggu handling motor saat lewati banjir.

Lubang knalpot yang lebih tinggi dari boks CVT pertanda wajib diperhatikan kala menerjang banjir
.

Kayak Perahu
Jusri Pulubuhu, instruktur safety riding Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan skutik punya ground clearance lebih rendah dari jenis motor lain. Maka ketinggian maksimum genangan air yang boleh dilewati yakni 10 cm. Di atas itu, selain CVT dapat kemasukan air, juga drastis menggangu handling.

“Bagian bawah skutik dibungkus oleh cover (dek bawah). Nah, jika bagian tersebut melewati genangan air akan mengganggu handling,” ujar Jusri. Karena cover itu dapat menimbulkan efek mengambang pada motor.

Parahnya, pada kecepatan tertentu ditambah tingginya genangan air, motor bisa ngambang kayak perahu sehingga mengurangi daya cengkeraman ban ke jalan.

Efek Slip
Seperti yang sudah disinggung pada awal tadi, efek menerjang banjir tentu gak hanya berakibat pada mengurangnya handling saja, namun berakibat buruk pada beberapa komponen motor.

Bagian yang paling rawan adalah CVT. Bila batas air sudah melebihi boks CVT, risiko kemasukan air sangat besar. “Mungkin hanya menimbulkan efek suara mendecit atau slip beberapa saat setelah melewati banjir, tapi kalau dibiarkan sisa air yang mengendap bisa bikin komponen CVT rusak,” jelas Nanan Rusmana dari bengkel ARM Service And Parts.

Ia mengimbau, sehabis menerjang banjir baiknya melakukan servis ringan atau sekadar bersihkan komponen yang ada di dalam cover CVT seperti belt CVT, rumah roller dan pulley. “Hal itu penting untuk mencegah resiko belt getas atau CVT kotor dan berkarat,” sarannya.

Nanan juga tambahkan, sebenarnya bukan peranti CVT saja yang dicemaskan saat menerjang banjir. Karburator dan lubang knalpot juga rawan. “Kalau CVT kemasukan air, motor masih bisa jalan pelan walau slip. Tapi kalau karburator atau knalpot, efeknya motor bisa langsung mati di tempat.”

Bisa begitu lantaran kedua peranti tersebut mengarah langsung ke ruang bakar. Itu sebabnya kenapa lubang knalpot dibuat lebih tinggi dari cover CVT. “Kalau berada dalam situasi ambil keputusan antara menerjang banjir atau memutar, hal utama yang wajib diperhatikan adalah ketinggian air terhadap lubang knalpot dan karburator. Lebih dari itu, jangan harap bisa lolos,” wanti Nanan.

 Maju tak gentar..

Penulis/Foto: Atenx / Johan, Atenx

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa