Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proxima Turbojet Accelerator, Udara Padat Makin Melesat

billy - Selasa, 23 Agustus 2011 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Tarikan kendaraan tiba-tiba berkurang alias ngempos? Tentu tak jarang kita rasakan di keseharian selama berkendara. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan hal ini terjadi. Kurang spontan tarikan ini bisa sebabkan kurang padatnya udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Maklum, karena masuknya udara hanya mengandalkan isapan dari piston saja.

Penyebab lainnya, alur udara yang cukup panjang dan mengalami berbagai halangan sebelum masuk ke dalam ruang bakar. Mulai dari filter udara, lantas throttle body serta katup bisa menghalangi kelancaran arus udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Belum lagi jarak yang cukup jauh dari air intake ke dalam ruang bakar itu sendiri.

Dengan kondisi tersebut, perlu dibuatkan peranti yang mampu mengatasi kurang padatnya udara dan panjangnya arus masuk udara serta hambatan-hambatan yang menjadi penghalang masuknya udara ke dalam ruang bakar.

“Proxima Turbojet Accelerator, bekerja mirip dengan turbocharger, yaitu membuat masa udara menjadi lebih padat,” tutur Harun Tanjung, Direktur Proxima Centre, di kawasan Kalideres, Jakbar. Hanya saja tidak menggunakan tekanan udara dari exhaust untuk menggerakkan turbinnya.

Pada Proxima Turbojet Accelerator, terdapat turbin dan kompresor yang akan berputar sesuai aliran udara yang mengalir masuk. Dengan begitu, udara yang lebih padat sudah siap masuk ke dalam ruang bakar. Begitu pedal gas diinjak, tarikan pun akan menjadi lebih responsif.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa