Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trend Bracket Nomor Polisi Gaya JDM, Biar Tampilan Keren

billy - Selasa, 21 Juni 2011 | 07:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Kalau enggak mau jadi bulan-bulanan saat nongkrong bersama rekan-rekan, salah satu caranya, ya ikuti saja mode yang sedang trend di kalangan komunitas. Jangan sampai, saat nongkrong, malah diledekin rekan sejawat. Seperti di alami Fahrezi yang tergabung di komunitas Return Club Bintaro.

Di kumpulan komunitas tempatnya nongkrong itu, mobil rekan-rekan Rezi-sapaan akrabnya-,  sudah banyak yang mengadopsi bracket nomor polisi (nopol) model Japan Domestic Market (JDM), meskipun mobilnya sendiri masih standar. “Karena saya sering diledekin belum pakai, mau enggak mau akhirnya pakai juga,” tutur remaja yang masih duduk di kelas 2 SMA di Jakarta.

Alhasil, kini Suzuki Swift yang dipakainya pun mulai mengadopsi model dudukan nopol seperti rekan-rekannya.

Bracket yang bisa distel posisinya itu biasa disebut sebagai steel angle control plate. Model seperti ini sebenarnya bukan hal baru di kancah modifikasi ringan tanah air. Pasalnya, sejak tiga tahun lalu, model serupa juga sudah nongol. Yaitu ketika muncul New Honda Jazz di pasaran. Ada dua tipe yang dipasarkan, model carbon look dan biasa (steel plate).

Sayangnya, model seperti ini lebih banyak dipakai pada kontes-kontes modifikasi. Sementara pemakaian harian masih terbilang minim. ”Akhir-akhir ini permintaannya mulai banyak lagi. Saya sampai kehabisan stok,” sebut King Hong, pemilik gerai Standar racing di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hal ini lantaran menurut King Hong, meski awalnya lebih banyak diadopsi mobil-mobil Jepang, toh bracket yang bisa diatur poisisi kemiringannya ini pun sebenarnya boleh saja dipakai pada mobil non-jepang.

No caption
No credit
No caption

Di pasaran, banderol bracket seperti ini dijual beragam. Untuk model standar, dipatok dengan harga Rp 150 ribuan. Sementara untuk model carbon look harganya di kisaran Rp 350 ribuan.

Perihal pemasangannya, juga mudah. Cukup sediakan obeng plus atau kunci pas ukuran 10 mm. Lalu diletakkan pada tatakan nopol yang sudah tersedia di bumper mobil depan atau belakang. “Sedangkan peletakan tidak ada ubahan pada posisi lubang baut aslinya saja.

Apalagi kalau dipakai tatakan plat nopol model selip akan lebih bagus lagi, karena baut yang biasa tertanam akan tidak terlihat,” jelas Sachin Punjabi pemilik gerai Driver Corner di kawasan Radio Dalam, Jaksel.


Sebenarnya, selain tampilan yang menyerupai modifikasi ala JDM, pemakaian bracket ini juga punya fungsi lain. “Selain untuk pemanis juga bisa berfungsi untuk mendinginkan intercooler, karena plat nopol bisa diatur posisi kemiringannya,” jelas Rengga pengguna Nissan X-Trail berdapur pacu turbo intercooler, yang juga sering nongkrong di Pondok Indah, Jaksel.

Nah, kalau soal itu, perlu diuji dulu dong.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa