Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bajaj RE60, Satu Lagi Mobil yang Berteknologi DTS-I

billy - Rabu, 4 Januari 2012 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption


India – Bajaj yang juga dikenal di Indonesia sebagai kendaraan roda tiga yang lincah dipakai selap-selip kala macet, atau masuk gang kini mendapat pengganti. Yup, pada pekan ini Bajaj merilis mobil berjuluk RE60 yang diplot sebagai pengganti si roda tiga.

Menurut Rajiv Bajaj, CEO Bajaj Auto, perusahaannya tetaplah “anti car company” dan RE60 merupakan pengganti kendaraan roda tiga, bukan sebuah mobil. “Kendaraan ini merupakan solusi murah untuk angkutan umum,” ujarnya.

Bajaj RE60 sendiri merupakan mobil kecil yang hanya berbobot 400 kg dengan sasis monokok. Tampilan luarnya agak modis dengan desain mirip KIA Soul.

Sebagai mobil komersil, bagasi RE60 memiliki volume sampai 51 liter. Bahkan jika jok belakang dilipat, volumenya melonjak jadi 400 liter. Konfigurasi bangkunya juga bisa dipesan 2+2 atau 1+3.

Dimensinya tetap kompak seperti versi roda tiganya. Yakni panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm dan tinggi 1.650 mm. Alhasil, RE60 memiliki radius putar 3,5 meter saja.

Sementara sektor mesinnya mengandalkan 200 cc pendingin air, 4 valve dengan teknologi dual busi, DTSI yang terdapat pada motor Bajaj. Mesin yang dikawal sistem bahan bakar injeksi ini mampu menghasilkan daya sebesar 20 dk.

Asiknya lagi, mesin tersebut didesain agar dapat memakai BBM jenis bensin, atau dikonvert dengan gas tipe CNG dan LPG. Oiya, konsumsi bahan bakar RE60 juga terbilang irit. Sebab dengan seliter bensin, RE60 dapat dipakai menjelajah sejauh 35 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

Sebagai catatan, saat ini sebanyak 5 juta unit Bajaj roda tiga terdapat dipasaran global. Dan peluncuran RE60 diharapkan mampu membawa hasil yang lebih baik. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa