Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meski Terganjal Isu Boros BBM, Mazda Tetap Kembangkan Mesin Rotary

Otomotifnet - Selasa, 9 Agustus 2011 | 16:02 WIB
Mazda RX-8, 2004.
Ford
Mazda RX-8, 2004.

 

Otomotifnet – Setelah terganjal isu boros BBM, Mazda akhirnya bersiap membunuh sportscar bermesin rotary terakhirnya, RX-8 beberapa waktu mendatang. Meski demikian, pabrikan asal Jepang ini tetap berminat mengembangkan mesin yang telah melambungkan namanya itu.

Untuk sumber tenaga baru tersebut, Mazda masih mengandalkan sistem rotary tipe Wankel. Namun, pihaknya menjanjikan tingkat efisiensi BBM yang lebih baik, serta tenaga yang lebih besar dari mesin rotary milik RX-8.

Mesin rotary yang dikembangkan Mazda sendiri bertipe Wankel yang dikembangkan sejak tahun 1963. Berbeda dengan mesin konvensional yang berpiston bulat, mesin Wankel mengandalkan rotor berbentuk segi tiga yang berputar di sebuah sumbu.

Beberapa pabrikan sempat berminat untuk mengembangkan mesin ini. Pasalnya, mesin ini dikenal memiliki kapasitas kecil, namun menghasilkan tenaga besar. Sayangnya, faktor boros BBM dan komponen yang tidak awet membuat mereka berhenti mengembangkannya.

Sedangkan bagi Mazda, mesin ini merupakan penyelamat. Karena dengan sistem segitiga berputarnya, varian seperti Mazda Cosmo, RX-3, RX-7 dan RX-8 cukup dikenal di pasar mobil dunia.

Rencananya, Mazda akan menyematkan mesin rotary terbaru ini pada varian hybrid mereka. Dengan kata lain, tak ada lagi bunyi siulan rendah khas mesin rotary saat berakselerasi. Sebagai gantinya, motor elektrik tanpa suara lah yang mengawal akselerasi mobil tersebut. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa