Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apakah Mobil Diesel Rawan Tak Lulus Uji Emisi?

Editor - Rabu, 3 Februari 2010 | 08:13 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tak sedikit para pemilik mobil bermesin diesel, baik produksi lama maupun ba­ru mengeluh lantaran tidak lulus uji emisi.

Sebenarnya masalahnya ada­­lah teknis pengetesan uji emisi diesel yang berbeda de­ngan pengetesan pada mesin bensin. “Butuh waktu agak lama dibanding ngetes mesin bensin,” aku Suharo.

Nanum, bukan waktu per­soalannya. Metoda pengetesan untuk diesel (sesuai Pergub No. 31/2008) harus dilakukan dalam kondisi berakselerasi bebas (lihat tabel). Tapi, apakah setiap teknisi di bengkel uji emisi melakukan akselerasi bebasnya sama? Itu dia tuh!

Menurut Suharno, ada mobil diesel yang datang ke bengkelnya untuk uji emisi tidak lulus, tapi di bengkel lain dinyatakan lulus. “Bagaimana cara si teknisi melakukan akse­lerasi bebas bisa berbeda-beda. Mustinya kan sekali injek (gas dibejek penuh, red) langsung print,” paparnya.

Lain halnya bila si teknisi membejek pedal gas tapi tidak full, hasilnya bisa akan berbeda. “Makanya kita lakukan berkali-kali dan dicari rata-ratanya,” ujarnya.

Waspadalah.

Penulis/Foto: Anton, Pj

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa