Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sabuk pintar penyelamat nyawa

Editor - Jumat, 31 Juli 2009 | 08:33 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Seatbelt  sampai saat ini masih dinggap sebagai teknologi safety  paling efektif. Meski demikian, pengembangan terus dilakukan untuk membuat sabuk pengaman bekerja lebih efektif menyelamatkan nyawa manusia.

Spesialis peranti keselamatan Autoliv meluncurkan sebuah desain baru seatbelt  yang mampu menarik tubuh sesaat setelah terjadinya benturan. Selanjutnya perangkat ini akan siap bekerja kembali secara otomatis dalam waktu beberapa milidetik, untuk mempersiapkan tubuh jika terjadi benturan selanjutnya. Hal ini dimungkinkan karena seatbelt  ini dilengkapi pretensioner  pneumatis yang dua kali lebih kuat dari sistem konvensional.

Teknologi ini dibuat lantaran menurut penyelidikan, satu dari empat kecelakaan menghasilkan benturan hebat lebih dari sekali. Dan Autoliv mengklaim, sebuah tabrakan beruntun memiliki risiko empat kali lebih besar untuk berakibat fatal.

“Penumpang atau pengemudi berada dalam posisi yang buruk ketika terjadi benturan kedua,” kata juru bicara produsen asal Swedia itu. “Posisi tubuh lebih ke depan membuat kemungkinan kepala dan bagian atas tubuh tidak jatuh persis di airbag  lebih besar. Dan kondisi ini bisa menyebabkan luka parah.”

Saat ini Autoliv baru menerapkan teknologi ini pada mobil konsep Mercedes-Benz ESF. Dan tampaknya sistem ini akan disematkan pada S-Class versi produksi. Sementara itu Volvo yang juga menjadi partner Autoliv dalam mengembangkan teknologi whiplash protection  juga akan menjadi pengguna awal dari sistem ini. Meski Autoliv sendiri mengaku, seatbelt  canggih ini belum tersedia hingga 2014.

Penulis: Dhany Ekasaputra
Sumber: Autobild

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa