Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uji Ketebalan Kampas Rem Bendix General CT, Gak Makan Disc Brake

Dimas Pradopo - Senin, 15 September 2014 | 19:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

13 mm dikurangi tebal plat kampas rem 6 mm sisa 7 mm selama 10 ribu km

Jakarta
- Seperti klaimnya, kampas rem Bendix diyakini memiliki formulasi khusus yang membuatnya lebih pakem tanpa merusak piringan cakram. Begitu juga dengan Bendix General CT yang digunakan pada Long Term Test beberapa komponen aftermarket Hella dan Bendix pada sebuah Toyota Avanza Veloz.

"Kita memang nggak sembarangan mengedepankan teknologi pengereman pesawat pada kampas rem Bendix ini. Saat diaplikasi pada mobil, selain lebih pakem, juga nggak ngerusak (piringan cakram)," ujar Timmy Marketing Manager PT Sumber Berkat Pratama.

Kampas rem ini mengusung teknologi ceramic dan menggunakan campuran bahan titanium sehingga diklaim pengereman lebih pakem namun tanpa merusak disc brake. Bendix juga menyempurnakannya dengan material baru, Blue Titanium yang memiliki kualitas yang setara pendahulunya dan lebih nyaman saat digunakan.

Hasilnya, setelah 10.000 km dilalui yang kami lalui, ketebalan kampas rem belum berkurang lebih dari setengah. Pada kondisi baru, kampas rem ini memiliki ketebalan 10 mm. Di akhir pengetesan, kampas rem tersisa 7 mm. Hanya terpakai 3 mm saja.



Bagaimana dengan piringan cakramnya? Tak banyak berubah, ketebalan disc brake-nya tetap 20 mm. "Artinya enggak makan disk brake nih, bagus yang seperti ini," beber Rudi, kru mekanik Otomotif Service Station (OSS) yang membantu melakukan bongkar pasang kampas rem Bendix.

Bagaimana dengan kemampuannya mengurangi laju kendaraan? Secara safety telah kami uji. Menggunakan alat ukur Racelogic, kami memaksa Avanza Veloz ber-ABS hard braking dari kecepatan 100 km/jam.

Data pengereman kampas standar menunjukkan jarak pengereman 43 meter dengan waktu 3,2 detik dan gaya yang dirasakan sebesar 1 G. Sedangkan kampas rem Bendix terukur butuh jarak 41,9 meter dengan waktu 3,0 detik. Artinya, ada selisih jarak 1,1 meter antara kampas standar.

Mumpuni! (mobil.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa