Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macam Transmisi Otomatis, Matik Elektronik

billy - Senin, 11 Juni 2012 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, seluruh bagian yang masih memakai perangkat manual seperti kabel dan lainnya mulai ditanggalkan. Gantinya adalah perangkat komputer untuk manajemen transmisi yang akan mengendalikan kinerjanya. Jadi, sensor pada transmisi akan membaca berapa tekanan oli, hingga gigi berpindah posisi.

Enaknya pakai elektronik, seandainya ada sesuatu yang rusak. Maka modul akan memerintahkan gigi tetap di posisi 3. Jadi mobil sebenarnya masih bisa dipakai sampai bengkel terdekat, hanya saja akan terasa tenaga kurang di putaran awal. Prinsipnya sama seperti menjalankan mobil dari keadaan diam, hanya saja langsung masuk ke gigi 3.

Teknologi lanjutan yang banyak berkembang, akhirnya kecanggihan masing-masing pabrikan saling berlomba membuat manajemen transmisi yang lebih canggih lagi. Tercipta lah teknologi turunan seperti Shiftronic, Steptronic, Tiptronic dan lainnya. Namanya bisa bermacam-macam, hanya saja prinsipnya sama.

"Jadi, kalau dulu perpindahan antargigi hanya mengandalkan tekanan oli, sekarang sistem komputer ikut mengatur," papar Taqwa lagi. Jadi, sang pengemudi memegang peranan penting ketika memindahkan posisi gigi. Paling gampang, lihat saja pada tuas transmisi, biasanya ada posisi untuk menaikkan atau menurunkan gigi, yang ditandainya dengan indikator plus (+) atau minus (-).

Bahkan, tak hanya cukup dengan memainkan tuas, perpindahan gigi juga bisa dilakukan dengan tuas kecil di balik setir atau paddle shift, yang awalnya dipopulerkan perpindahan gigi di ajang Formula 1. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa