Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanggapan Pihak Kepolisian Soal Spare Parts Palsu, Sudah Menyebar

billy - Jumat, 4 November 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Pihak kepolisian pun tak tinggal diam perihal pemalsuan spare part yang semakin banyak beredar di Jakarta. Umumnya, spare part palsu ini kerap ditemui di sentra onderdil di beberapa kawasan Ibukota. Sebagai langkah preventif polisi akan melakukan tindakan preventif, salah satunya, “Sebagai langkah awal, kami akan menertibkan toko-toko penjual spare parts palsu. Sehingga, peredarannya dapat diketahui,” sahut Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol. Angesta Romano Yoyol.

Spare parts yang paling banyak dipalsukan datang dari merek Toyota, Mitsubishi dan Suzuki. Ketiga merek ini rentan dipalsukan lantaran pengguna mobil merek tersebut cukup banyak. “Sepeti hukum ekonomi saja, semakin banyak permintaan maka suplai juga semakin banyak. Hal ini juga berlaku dalam spare parts palsu,” tambah Iptu M. Suradi dari Polres Jakarta Pusat.

Sementara, lokasi penyebaran spare parts palsu dinilai sudah merata, mulai dari Jakarta Pusat, Barat, Timur hingga Bekasi dan Tanggerang. “Memang semuanya lebih terpusat pada sentra spare parts. Bahkan sampai dikirim ke luar pulau Jawa juga,” terang Suradi.

Untuk membedakan antara spare parts asli dengan yang palsu memang cukup sulit. Namun hal tersebut dapat diketahui jika lebih teliti. “Paling mudah lihat kemasannya, jika warnanya dan tulisannya pudar, tidak ada stiker hologram dan nomer indentifikasi spare parts, maka bisa dipastikan spare parts tersebut palsu,” terang Suradi.

Sehingga, sangat disarankan bagi pemilik mobil, untuk lebih teliti dalam memilih bengkel. Bengkel resmi memang lebih menjamin akan ketersediaan spare parts asli. Namun, bukan berarti bengkel umum tidak, “Lebih baik ketika ingin mengganti atau spare parts, ditemani oleh orang yang mengerti, mekanik kepercayaan misalnya,” ujarnya  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa