Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MPV World 2016: Mencoba Ketangguhan Mitsubishi Delica Royal di Pegunungan

Senin, 18 Juli 2016 | 14:51 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Berkesempatan mencoba Mitsubishi Delica di MPV World 2016 membuat rasa penasaran seberapa tangguh mobil yang dibanderol Rp 450 juta (OTR Jabodetabek) ini. 

Apalagi diklaim mempunyai rasa seperti SUV bermesin S4 MPI S-MIVEC 4 silinder berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi INVECS-III CVT 6 percepatan.

Lokasi yang dipilih kawasan wisata Gunung Pancar, Sentul Bogor yang mempunyai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan harus dilalui dengan tingkat kemiringan jalan mencapai 40 derajat. Lumayan untuk menjajal ketangguhan Mitsubishi Delica nih.

Pertama yang kami dikunjunngi adalah kawasan hutan pinus yang menarik. Melalui lokasi Peruamahan Sentul City, kami harus belok kanan sebelum wisata Jungle Land. Melalui perkampungan Babakan Madang, mobil sudah mulai menanjak dengan kondisi jalan yang tidak begitu mulus.

No caption
No credit
No caption
Trek menanjak dan bebatuan jadi tantangan mudah buat Delica

Beruntung Mitsubishi Delica memiliki ground clearance yang tinggi yakni 190 mm dan roda berukuran 18 inci. So, menjelajah hutan pinus yang menanjak dengan kemiringan sekitar 20 derajat tidak berkendala.

Puas eksplor dan foto-foto, lokasi kedua siap dituju. Masih di kawasan Gunung Pancar, kali ini ke Air Terjun Pengantin yang lokasinya lebih jauh dan lebih ektrem. Karena menu tanjakan terjal, jalan hancur dan licin lantaran dilapisi batu-batu kerikil.

Awalnya agak ragu karena mobil seakan tak kuat menanjak pas melalui tanjakan terjal 40-45 derajat. Namun yakin dengan keandalan mesin 2.000 cc dan transmisi pintarnya, pedal gas panteng di putaran mesin kisaran 2.500 rpm, mobil merayap naik dengan pasti. 

Mesin S-MIVEC 2.000 cc dan transmisi INVECS-III CVT menyenangkan untuk menjelajah berbagai jalan

Dan disinilah fitur HSA (Hill Start Assist) teruji saat mulai menanjak terjal. Dengan awalan yang pasti, mobil dengan smooth dan lancar melintasi tanjakan yang licin bebatuan. Dan pedal gas tak perlu diinjak dalam-dalam.

Untuk suspensi dan ground clearance pun cukup teruji di lintasan ini. Meski perjalanan ini semi off-road namun kenyamanan dari dalam kabin tak lenyap bak mengendarai jip. Baik buat sopir maupun penumpang. 

Tetap kenyamanan MPV sangat terasa, namun ketangguhan SUV didapat. 2 in 1.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa