Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ring of Fire Adventure: Toleransi Terbesar Ada di Indonesia Timur

Sabtu, 23 Juli 2016 | 23:19 WIB
Ring of  Fire Adventure
Ferdi
Ring of Fire Adventure

Tim ekspedisi Ring of Fire Adventure (RoFA) yang sudah berhasil menyisir wilayah timur Indonesia dengan mengendarai motor, menceritakan pengalaman mereka ketika berada di sana, khususnya tentang toleransi.

"Indonesia begitu besar, begitu beragam, begitu kaya dengan peninggalan pra sejarah. Indonesia itu besar sekali, kalau ujung baratnya (misalkan) di Paris, ujung timurnya ada di Pakistan,"ujar Youk Tanzil, Founder sekaligus Executive Producer RoFA di Palmerah, Jakarta (23/7).

Ia melanjutkan, sekarang ini banyak kalangan yang menghujat hanya karena perbedaan. Tidak adanya toleransi antar suku, ras, dan agama banyak ditemui.

Hal tersebut membuat tim RoFA yang sudah kembali dari timur Indonesia, ingin membagikan pengalaman mereka tentang toleransi dalam perbedaan dan memaknai perbedaan tersebut sebagai karunia.

Lalu, kenapa harus jauh-jauh ke timur untuk memahami perbedaan? Karena menurut Youk, toleransi yang terbesar di Indonesia itu berada di wilayah timur.

"Kita melihat orang Kristen bangun mesjid, orang Islam bantu bangun gereja dan sebagainya. Tidak ada perbedaan sama sekali, yang ada itu di Jakarta. Dampaknya itu sangat jelek untuk anak-anak kita yang kecil-kecil. Jadi kalau mau belajar toleransi, belajarlah ke timur," ungkap Youk.

Tim RoFA terdiri dari 9 orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda. Mereka bersama-sama menghadapi kendala selama perjalanan dan memaknai indahnya perbedaan.

"Saya punya slogan, yaitu the more I travel, the more I see. The more I see, the more I learn. The more I learn, the less I know," ucap Youk.

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa