Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

V-Belt Bando Aspira, Kolaborasi Standar Tinggi Dua Perusahaan Sekaligus

Editor - Kamis, 22 September 2016 | 11:54 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sampai bulan Mei 2016, 78,49% penjualan terbesar sepeda motor di Indonesia adalah tipe skutik. Motor tanpa gigi karena pakai continuously variable transmission (CVT) ini nyatanya memang paling diminati. Tentunya karena paling praktis dalam pengoperasiannya.

 

Jika dulu transfer tenaga pakai rantai, kini digantikan oleh sabuk karet yang kerap disebut dengan nama v-belt. "Fungsi utamanya adalah sebagai penerus tenaga dari driver untuk menggerakan roda belakang atau driven melalui pulley," buka A. Chandra Sakti, Customer Representative PT Bando Indonesia.

Sesuai namanya, belt ini pakai 'v' yang berarti variable. Jadi jangan heran jika kerjanya lebih keras ketimbang belt pada komponen mesin mobil untuk AC, radiator atau industrial belt yang umumnya bekerja secara konstan. Sedang v-belt bekerja sesuai putaran mesin, selalu bergerak, kadang kencang kadang lambat. Bahkan tak jarang sengaja dihentak untuk mendapatkan akselerasi yang responsif

V-belt jika selip sedikit saja, tenaga tidak sampai ke roda belakang dengan sempurna, ujung-ujungnya tarikan lemot dan boros bahan bakar. Makanya, selalu gunakan v-belt berkualitas tinggi.

No caption
No credit
No caption
Ronny Chandra, konsumen dijamin secara kualitas oleh dua perusahaan sekaligus

Caranya mudah, lihat saja merek dan produsen pembuatnya. “Seperti v-belt Bando-Aspira yang merupakan hasil pengembangan bersama PT Bando Indonesia dan PT Astra Otoparts,” buka Ronny Chandra, Head-Spareparts Department PT AOP. “Sehingga konsumen dijamin secara kualitas oleh dua perusahaan sekaligus," jelasnya.

Bando sudah dikenal lama sebagai produsen v-belt terkemuka di dunia. Hampir semua skutik di Indonesia, keluar dari pabrik pakai v-belt merek ini. Proses produksinya dikerjakan sesuai standar ISO 9001, ISO 14001, ISO/TS 16949 dan OHSAS 18001. Kekuatan dan daya tahannya juga telah lolos uji laboratorium yang meliputi banyak parameter, mulai dari dimensi, ketebalan, kemuluran dan juga kekuatan tarik.

Hasilnya, ada beberapa keunggulan teknis seperti memiliki kemampuan bending atau tekuk yang sempurna. Komponen ini juga memiliki fleksibilitas tinggi dan daya tahan terhadap tekanan samping sehingga mempunyai kemampuan menyalurkan tenaga lebih responsif. Terakhir, daya tahan terhadap panas, minyak, bahan kimia dan friksi membuat umur v-belt terjaga.

“Menggunakan produk ini, konsumen diuntungkan karena mendapatkan produk dengan kualitas OEM tapi harga lebih bersahabat,” papar Ronny.

No caption
No credit
No caption
 

TEKNOLOGI HOME BASE CUTTING
Pada bagian samping v-belt Bando-Aspira, angle-nya tidak semua sama mengikuti sudut pully. Namun pada bagian atas ada cutting yang sedikit lurus. “Dengan konstruksi ini, umur v-belt bisa sedikit panjang karena habisnya lama-lama akan menjadi segitiga,” jelas Ronny.

No caption
No credit
No caption
 

KONSTRUKSI BERLAPIS
Berikut adalah konstruksi pada v-belt Bando-Aspira yang merupakan hasil pengembangan bersama PT Bando Indonesia. "V-belt ini adalah dibuat dengan standar OEM namun dipasarkan oleh PT Astra Otoparts (AOP). Sehingga konsumen dijamin secara kualitas oleh dua perusahaan sekaligus," yakinnya.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa