Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KIA Grand Sedona Ultimate: Mobil Keluarga Sejati

andy - Kamis, 20 Oktober 2016 | 15:16 WIB

Pada edisi lalu kami sudah berjumpa dengan Kia Grand Sedona di pameran otomotif yang diadakan di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Kali ini kami mendapat kesempatan untuk merasakan langsung mengemudikan MPV yang memiliki dimensi panjang lebih dari 5 meter. Seperti apakah impresi mengendarai generasi penerus Kia Carnival ini? 

Sekadar informasi, unit yang kami coba kali ini merupakan varian tertinggi yakni Kia Grand Sedona Ultimate. Namun unit pertama yang datang ke Indonesia ini baru versi uji coba sehingga tak dilengkapi fitur panoramic sunroof seperti yang nantinya dijual ke konsumen. 

Oke, pertama kali duduk di jok pengemudi rasanya posisi duduk cukup tinggi walaupun jok dengan pengaturan elektrik ini sudah diposisikan paling rendah.

Tapi berkat posisi duduk yang tinggi pengemudi jadi lebih mudah memantau ke segala arah. Visibilitas Grand Sedona bisa dikatakan baik sebab kaca depan, samping, maupun belakang tergolong lebar sehingga pandangan ke segala arah tak terhalang. 

Terlebih dengan adanya kaca kecil di pilar A yang sangat membantu pengemudi ketika menuju tikungan. Hal ini terjadi karena spion Grand Sedona cukup besar sehingga bisa menghalangi pandangan ke samping. Saat parkir mundur pun Anda akan dibantu kamera mundur yang terhubung ke layar kecil di head unit. 

Saat mesin dinyalakan, karakter dari mesin V6-nya tidak terlalu terdengar. Suara mesin terbilang halus dan minim getaran. Ya, Grand Sedona menggedong mesin yang cukup besar, memiliki kapasitas 3.342 cc dengan kemampuan menghasilkan tenaga 270 ps serta torsi di angka 318 Nm. 

Tenaga mesin ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang memiliki fitur Shiftronic. Dengan kapasitas besarnya, tenaga di putaran rendah cukup menjanjikan. Dan sewajarnya akan lebih menjanjikan lagi saat melaju konstan di jalan bebas hambatan. 

Tak seperti mobil-mobil Kia kebanyakan yang sudah memanfaatkan Motor Driven Power Steering (MDPS), Grand Sedona masih memanfaatkan sistem hidraulis sehingga putaran lingkar kemudinya tidak terlalu ringan. 

Sebagai penumpang, duduk di jok belakang Grand Sedona juga terbilang nyaman. Akses masuk lebih mudah berkat electric sliding door di kedua sisi. Proses buka-tutup pintu geser elektrik ini juga bisa dilakukan melalui tombol yang ada di plafon depan, namun untuk membuka pintu dari tombol ini hanya bisa dilakukan ketika tuas transmisi berada di posisi P. 

Ciri khas Carnival dan Sedona lama masih tersisa di kabin Grand Sedona yang luas, yaitu sandaran jok tengah di baris kedua dan ketiga bisa dijadikan tempat meletakkan barang atau cup holder saat sedang tidak mengangkut banyak orang,. Dengan begitu Anda akan merasa seperti sedang duduk di captain seat. Selain itu jok tengah ini bisa juga dilipat untuk membuka akses penumpang ke baris di belakangnya. 

Fitur keselamatan Big MPV Kia ini juga tergolong lengkap. Setiap penumpang akan mendapat seatbelt 3 titik kecuali penumpang tengah di baris kedua, ketiga, dan keempat yang hanya mendapatkan seatbelt 2 titik. Ketersediaan airbag tak hanya untuk pengemudi dan penumpang depan saja, tapi juga curtain airbag yang membentang dari seiap pilar. 

Kalau sudah begini, perjalanan jauh pun akan disukai setiap keluarga. 


KIA Grand Sedona Ultimate 

Harga Rp 482 juta (off-the-road) 
Dimensi (PxLxT) 5.115 x 1.987 x 1.775 mm
Wheelbase 3.060 mm
Mesin V6 MPI DOHC, 3.342 cc
Tenaga maksimum 270 ps/6.400 rpm
Torsi maksimum 318 Nm/5.200 rpm
Transmisi   Otomatis 6-speed, FWD 
Velg, ban Alloy wheel, 235/60 R18 

   
      
    
 
     
     
  
    

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa