Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Fungsi Air Scoop Pada All New Yamaha R15

Selasa, 24 Januari 2017 | 15:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Sentul - Salah satu bagian yang paling bikin penasaran dari All New Yamaha R15 adalah model air scoop-nya atau lubang jalur udara yang biasanya diaplikasi motor balap atau moge untuk menambah suplai udara ke ruang bakar. Air scoop yang terdapat di All New Yamaha R15 ini lubangnya memang tampak besar dan seolah-olah sengaja dibuat untuk memaksimalkan performa. Tapi nyatanya..

Rapat bro! Enggak terhubung ke air box atau area mesin lainnya. "Iya, memang fungsinya hanya sekadar untuk estetika," terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di sela-sela peluncuran resmi All New Yamaha R15 di Sirkuit Sentul, Bogor, (23/1). Desain ini sesuai dengan konsep garis desain yang sejalan dari YZR-M1 di MotoGP diturunkan ke motor-motor sport jalanan seperti Yamaha R6 dan All New Yamaha R15.

Lebih jauh, salah satu tim R&D dari Yamaha Motor Company (YMC) yang menangani pengembangan motor ini, Yu Kitamura menjelaskan jika air scoop akan sangat berguna pada motor besar di kecepatan tinggi. Tapi di motor kecil pengaruhnya sangat sedikit.

Ia juga menjelaskan untuk performa R15 terbaru ini, suplai udara dibuat lebih deras dengan memasang air box yang lebih besar dan throttle body baru yang diameternya juga lebih besar.

No caption
No credit
No caption
Air scoop All New Yamaha R15 ternyata hanya untuk fungsi estetika

Meski tidak berfungsi sebagaimana air scoop pada umumnya, jangan khawatir kalau-kalau All New Yamaha R15 ini tenaganya biasa-biasa saja. Sebagai penantang, All New Yamaha R15 jelas tampil all out dengan banyak pembaruan di sektor mesin.

Kapasitas mesinnya naik jadi 155 cc. All New Yamaha R15 sudah dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA), dimana ada dua noken as untuk klep in-nya yang masing-masing bekerja di bawah dan di atas 7.400 rpm. Sehingga tenaga di putaran bawah dan atas selalu optimal.

Throttly body baru, air box lebih besar, diameter payung klep yang juga dilebarkan juga menjadi salah satu penyempurnaan bila dibandingkan dengan mesin di R15 sebelumnya. Hasilnya, tenaganya naik dari 16,36 dk pada 8.000 rpm, menjadi 19,05 dk pada 10.000 rpm. Dan meski tipis, torsinya juga meningkat dari 14,5 Nm pada 7.500 rpm, jadi 14.7 Nm di 8500 rpm.

Teknologi tersebut disempurnakan dengan tambahan fitur assist & slipper clutch. Fitur assist membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan. Sedang slipper clutch bisa membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, khususnya saat deselerasi. (Otomotifnet.com)

Air Box Yamaha All New R15 ada di bawah tangki, lubang udara juga ada di sini. Jadi bukan lewat air scoop di fairing

Spesifikasi All New R15
Overall Length x Width x Height : 1990 x 725 x 1135 mm
Seat Height : 815 mm
Wheelbase : 1325 mm
Wet Weight : 137 kg
Engine Type : Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder Arrangement : Single cylinder
Cylinder Volume : 155.1cc
Bore x Stroke : 58 x 58.7 mm
Compression Ratio : 11.6 : 1
Maximum Power : 19,05 dk / 10000 rpm
Maximum Torque : 14.7 Nm / 8500 rpm
Starting System : Electric
Fuel Tank Capacity  : 11 Liter
Fuel System : Fuel Injection
Clutch Type : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size (Front/Rear) :
100/80-17M/C 52P (Front)
140/70-17M/C 66S (Rear)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa