Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ECU BRT Juken 5 Untuk Skutik Honda eSP, Pertama Di Dunia!

Iday - Rabu, 1 Februari 2017 | 11:18 WIB
ECU BRT Juken Skutik Honda eSP
Salim/otomotifnet
ECU BRT Juken Skutik Honda eSP

OTOMOTIFNET.COM - Februari 2017 nanti, BRT meluncurkan ECU baru berlabel Juken 5 yang bisa seting pakai laptop, ada fitur Auto Tune dan Data Logger, dan akan tersedia untuk semua motor. Menariknya akan ada juga ECU BRT Juken Skutik Honda eSP untuk skutik Honda yang bermesin eSP! Apa istimewanya?

“Ini jadi ECU aftermarket pertama untuk mesin eSP di dunia!,” bangga Tomy Huang, President Director PT Trimentari Niaga, produsen BRT yang bermarkas di Cibinong, Bogor.

Kendala yang dihadapi dalam pembuatan ECU untuk mesin eSP menurut Tomy adalah, Honda menyatukan ECU dengan sistem ACG yaitu starter, pengisian termasuk regulatornya.

Jangan heran kalau ECU skutik eSP seperti BeAT eSP, Vario 125 eSP, Vario 150 eSP sampai PCX dimensi ECU atau ECM-nya besar.

Dan oleh karenanya sampai saat ini belum ada yang memasarkan ECU programablenya. Nah akhirnya BRT menemukan kuncian, biar bisa diprogram ulang sekaligus agar harga Juken 5 untuk skutik eSP ini tetap terjangkau.

Caranya, Tomy mengambil langkah sistem pengisian, starter dan regulatornya tetap pakai bawaan motor, “Yang diambil alih hanya sistem injeksinya,” terang pria berkaca mata ini. Makanya jangan heran kendati pakai ECU standalone, namun bawaan motor tetap dipakai.

“Sebagai penghubung antara ECU bawaan dan Juken menggunakan alat tambahan yang namanya T-boks, isinya rangkaian kabel,” imbuh Tomy. Layaknya Juken 5 seperti yang dibahas sebelumnya, seting bisa pakai laptop maupun remot, ada fitur seting Live, Auto Tune dan Data Logger.

Tampilan software sangat komunikatif, sehingga memudahkan saat seting. Menurut Tomy, BRT Juken untuk skutik Honda eSP ini dijual Rp 650 ribu dan T-boks Rp 250 ribu, jadi totalnya Rp 900 ribu. Untuk software bisa diunduh gratis di website BRT.

Oiya, sayangnya jika pasang Juken, sistem ISS jadi enggak kerja, karena ECU bawaan motor enggak lagi membaca gerakan TPS yang mana kemudian diumpan ke sistem starter. Nah buat yang akan oprek mesin skutik Honda eSP, enggak repot lagi deh untuk seting injeksinya! • (Aant/Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa