Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

5 Hal Soal Radiator Supaya Awet

Parwata - Jumat, 3 Februari 2017 | 12:57 WIB

Jakarta - Meski terlihat sederhana, ternyata masih banyak yang belum paham tentang radiator. Padahal, tanpa radiator, maka mesin bisa panas dan membuatnya rusak.

Sampai saat ini banyak yang mengira kurangnya volume air radiator berarti ada kebocoran. Padahal belum tentu, pasalnya selama mobil berjalan, maka radiator akan terus berkerja sehingga volume airnya bisa naik turun tergantung kondisi suhu mesin.

Serta masih banyak lagi yang perlu dipahami, intinya adalah rajin cek berkala. Berikut ini 5 hal soal radiator; * (Harryt/otomotifnet.com)

1. Volume Kurang Belum Tentu Bocor

Perlu diketahui, ketika tekanan atau temperatur mesin tinggi, maka di dalam radiator akan timbul tekanan tinggi. Nah, tekanan ini akan menekan per pada tutup radiator, sehingga kelebihan tekanan tersebut akan disalurkan ke reservoir. Alhasil, di dalam sistem radiator akan timbul vakum.

“Sebaliknya jika tekanan atau temperatur mesin turun, vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali lagi. Jadi jangan panik saat volume air radiator berkurang ketika mesin berkerja. Batas aman volume air radiator adalah berada di tengah-tengah indikator Full dan Low,” ujar Dhaniar Nursertyo Harmono, Coordinator Technical Area Auto2000 Permata Hijau, Jakbar.

2. Jangan Pakai Air Keran

Air radiator tak hanya berfungsi sebagai pendingin, namun juga mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Nah penggunaan air mineral ataupun air keran tentu berisiko tinggi, sebab kandungan zat besi yang tinggi bisa menyebabkabkan korosi.

“Tidak dianjurkan pakai air keran atau air mineral, sebaiknya pakai cairan khusus yakni radiator coolant,” terang Dhaniar.

3. Kuras Air Radiator

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa