Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Yamaha NMAX Tahun Ketiga Enggak Banyak Ganti Komponen

Parwata - Senin, 13 Februari 2017 | 21:12 WIB
No caption
No credit
No caption

Tahun Ketiga Enggak Banyak Ganti Komponen

Jakarta - Tidak terasa umur Yamaha NMAX sudah dua tahun sejak diluncurkan 2015 silam. Dan tahun ini berarti sudah masuk tahun ketiga, tentunya odometer sudah tidak muda lagi karena sudah asyik melakukan perjalanan baik dalam maupun luar kota.

Kira–kira apa saja yang perlu diservis ketika motor sudah menyentuh lebih dari 28 ribu km? Yuk lihat ulasannya. (Fariz / Otomotifnet.com)

Servis 28.000 km

Memasuki tahun ketiganya, motor ini perlu masuk ke bengkel resmi pada 28.000 km. “Menjelang pemakaian 3 tahun tidak perlu melakukan servis besar selama kinerja mesin normal, kecuali memang terasa tarikan berat atau bahkan ngempos,” ujar Pieter Adi Nugraha, Service Advisor, Yamaha Flagship Shop (FSS) Jakarta.

Servis kelipatan ini tidak ada penggantian part. Hanya melakukan penggantian oli dan pengecekan seperti pemeriksaan suspensi depan dan belakang, cek fungsi kelistrikan juga lampu, periksa rem depan dan belakang, setel handle gas, periksa roda, periksa kelayakan ban, periksa baut pengikat, periksa busi & kompresi, cek gerak bebas kemudi.

“Perhatikan juga kampas kopling, kalau pemakaian normal biasanya minta ganti di 25.000- 30.000 km. Tidak ada patokan untuk penggantian ini, jika minta ganti timbul gejala selip saat motor berakselerasi,” tutur pria yang ngebengkel di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Servis 32.000 km

Servis berikutnya lakukan saat odometer menunjukan 32.000 km penggantiannya selain oli mesin mulai beragam seperti filter udara. Filter udaranya tidak boleh dibersihkan dan lakukan penggantian maksimal 16.000 km. “Namun tergantung pemakaian juga karena terkadang di bawah 10.000 km sudah sangat kotor dan perlu diganti,” lanjut Pieter.

Selain itu busi NGK berkode CPR8EA-9 juga perlu diganti pada kilometer ini, sesuai petunjuk di buku servis penggantian tiap kelipatan 8.000 km. Businya sama dengan Yamaha Aerox 155,

Yamaha Byson versi karburator, dan Yamaha Jupiter mx 135. “Biasanya kalau odometer sudah tinggi kampas rem juga sudah ganti, karena kampas rem ini tidak ada patokan umur penggantiannya. Oleh karena itu tiap melakukan servis berkala kelayakan kampas rem depan dan belakang selalu diperiksa,” wantinya.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa