Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan CVT Yamaha NMAX, Merek Eropa Ada Merek Asia Juga Ada

Parwata - Sabtu, 18 Februari 2017 | 11:17 WIB

Jakarta - Berkembangnya modifikasi mesin Yamaha NMAX, komponen aftermarket untuk area Continously Variable Transmission alias CVT juga merebak. Pilihannya banyak, dari produk lokal, Asia sampai Eropa tersedia. Yuk simak pilihannya.  (Fariz / Otomotifnet.com)

Malossi

Merek asal Italia ini sudah sangat melekat dengan brand Vespa, namun ternyata Malossi punya juga part CVT untuk Yamaha NMAX. Dipasarkan oleh Scooter VIP, tersedia dua produk.

Ada Malossi Maxi Delta Clutch seharga Rp 1,9 juta dan Malossi X-Kevlar Belt seharga Rp 850 ribu.

“V-belt berbahan Kevlar sehingga tidak mudah melengkung dan juga tidak mudah getas. Namun penggantian jadi lebih cepat di kisaran 10.000 km,” ujar Dennil Sagita punggawa dari bengkel Scooter VIP.

Selanjutnya ada variator yang berisi lengkap dengan per torsi 2.500 rpm dan roller 9,5 gr. “Variator ini dibanderol Rp 2,350 juta,” lanjut Dennil.

Polini

Masih dari merek yang lekat dengan aura Vespa, Polini juga menyediakan racing part untuk Yamaha NMAX. Seperti Polini Evolution Aramid Kevlar Belt, “V-belt Polini punya bahan yang lebih baik yaitu Kevlar Aramid.

Ini membuatnya lebih kuat dari belt biasa,” tutur Dennil yang membuka workshop di bilangan Grand Galaxy City, Bekasi. Untuk v-belt punya harga sama dengan Malossi yaitu Rp 850 ribu. Ada juga Polini Maxi Clutch 3G dibanderol Rp 1,450 juta dan variator berikut roller 10 gr seharga Rp 2,2 juta.

TDR

Yang ini berasal dari Thailand dijual dalam paket. TDR memberikan bushing variator yang lebih panjang 2 mm, “Efeknya rpm bawah sampai atas kena semua,” ujar Benny Rachmawan, Research & Development TDR Technology Center.

Selain itu, variator TDR ini punya derajat kemiringan yang berbeda dengan standar dan juga pada jalur roller-nya dilapisi teflon yang lebih kuat dan licin. Lainnya berisi, roller dan per CVT. “Roller ada 2 pilihan 11 & 12 gram, per CVT juga 1.000 dan 1.500 rpm.

Biasanya kalau mau pakai 1.500 rpm roller pakai berat 11 gram untuk mengimbangi mesin di rpm rendah,” sahut Iwan salah satu kru TDR Technology Center. Jika berminat cukup sediakan kocek Rp 850 ribu sudah termasuk pasang dan sambangi TDR Technology Center yang berada di bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kawahara

Merek lokal juga tidak mau kalah, seperti Kawahara yang menyediakan variator. “Bedanya punya sudut kemiringan 13,5,” tutur Gandhi Santana dari bengkel Variasi 34 yang membanderol seharga Rp 485 ribu.

Moto1

Pilihan kampas lain yang sudah membuat adalah Moto1, “Punya bahan yang lebih gigit dari standarnya,” jelas Ergus pemilik bengkel R59 Matic Shop. Harganya Rp 675 ribu. Moto1 juga membuat per torsi atau per CVT terdapat 2 pilihan untuk mesin standar dan bore up, keduanya dilabeli harga Rp 120 ribu.

Scooter VIP 021-82733333
TDR Technology Center 021-600030
Variasi 34 081310001034
R59 Matic Shop 08129082857

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa