Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Pajero Sport Lokal Akan Dilengkapi Fitur Selengkap Ford Everest?

Fransiscus Rosano - Selasa, 11 April 2017 | 13:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sebelumnya, Otomotifnet memberitakan soal PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) akan menghadirkan Mitsubishi Pajero Sport satu level di atas Dakar ketika dirakit lokal (CKD), yang akan disebut Pajero Sport Dakar Ultimate.

Nah, pada foto yang bocor ini, terlihat beberapa fitur yang akan diusung oleh varian terbaru ini membuatnya hampir selengkap All New Ford Everest dulu.

Hal tersebut berkat hadirnya sistem-sistem safety aktif yang sebelumnya absen pada All New Mitsubishi Pajero Sport ketika diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2017 lalu.

Yang pertama, pada foto di atas dapat terlihat adanya satu tombol tambahan di sebelah kanan untuk mengaktifkan sensor parkir.

Mengacu pada buku manual Mitsubishi Pajero Sport versi Thailand, ternyata itu adalah untuk mengaktifkan Forward Coliision Mitigation (FCM) dan Ultrasonic misacceleration Mitigation System (UMS).

Seperti di Everest dan Trailblazer, FCM digunakan untuk memberi peringatan ke pengemudi via alarm ketika ada kemungkinan menabrak kendaraan di depan. Namun tidak seperti Trailblazer, sistem FCM di Pajero Sport lokal nanti juga memungkinkan agar mobil mengerem bisa mengerem secara otomatis setelah kemungkinan tabrakan terdeteksi.

Lanjut ke UMS, fitur yang namanya super-ribet ini memanfaatkan sensor parkir di depan dan belakang untuk menahan laju mobil saat terdeteksi pedal gas terinjak, ketika sensor parkir mendeteksi adanya objek di depan atau di belakangnya.

Masih ada beberapa hal yang absen, seperti Blind Spot Warning (BSW) misalnya, namun kedapatan satu hal yang jauh lebih berguna.

Adaptive Cruise Control juga akan hadir di Pajero Sport lokal

Yup, Adaptive Cruise Control (ACC). Terakhir Otomtifnet jumpai di All New Ford Everest Titanium, fitur ini dapat mengaktifkan cruise control untuk mempertahankan laju mobil secara konstan, namun dapat memelankan kecepatannya ketika mendeteksi kendaraan di depannya menurunkan kecepatan. Tentunya, dapat kembali menaikkannya lagi setelah kendaraan di depan juga kembali lebih kencang.

Fitur ini membuat All New Pajero Sport Dakar Ultimate di Indonesia hampir menyerupai semi autonomous dan tentunya memberikan value yang sangat tinggi, dibanding yang kini beredar.

Pertanyaannya, berapa harganya nanti? Tunggu di IIMS (Indonesia International Motor Show) 2017 ya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa