Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Valentino Rossi Masih Membalap Hingga Usia 40, Kalau Gak Percaya Ini Alasannya

Rabu, 19 Juli 2017 | 13:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Italia - Valentino Rossi, pembalap tim Movistar Yamaha MotoGP, hingga saat ini belum memaparkan apakah tetap berkecimpung di MotoGP lepas musim 2018 atau memilih pensiun.

Valentino Rossi sempat mengungkapkan bila dirinya memang masih mempertimbangkan mana yang lebih feasible, tetap berkiprah di MotoGP atau memilih pensiun.

"Terkait dengan apa yang saya lakukan nanti setelah kontrak 2018 berakhir, baru musim depan saya ceritakan," celoteh Valentino Rossi.

Bahkan pembalap kelahiran 16 Februari 1979 itu sempat mengumbar bila dirinya masih mampu dan bisa tampil kompetitif hingga usia 40.

Nah, pernyataan Valentino Rossi ini bisa jadi ada benarnya jika dia masih balapan di MotoGP musim depan.

Yang menjadi tanda tanya besar adalah bersama tim pabrikan mana Valentino Rossi berada?

No caption
No credit
No caption
Kuartet Italia, Stefano Manzi dan Francesco Bagnaia; Andrea Migno dan Nicolo Bulega merupakan tim yang didanai Valentino Rossi

Ternyata sepak terjang Valentino Rossi di MotoGP hingga kepala 4 memang bukan selalu berada di skuat pabrikan.

Kemungkinan besar Valentino Rossi tetap balapan bersama tim non-pabrikan alias satelit yang besar kemungkinannya tim sendiri seperti yang telah dijalankan Valentino Rossi dengan SKY Racing Team VR46 di kancah Moto3 dan Moto2 beberapa tahun belakangan.

SKY Racing Team VR46 di kategori Moto3 melakukan debut penampilan musim 2014 sedangkan Moto2 baru musim ini (2017).

Nah yang kurang adalah kategori MotoGP alias para Raja, jadi ada agenda Valentino Rossi menggenapkan skuatnya di semua kelas.

Lalu Valentino Rossi tunggu apalagi untuk bisa membalapkan timnya di MotoGP?

Ternyata mendirikan skuat MotoGP tak semudah di kategori Moto2 dan Moto3, di kelas MotoGP melibatkan konvensi dengan beberapa pihak seperti asosiasi pabrikan, tim balap dan Dorna sebagai promotor di mana isi konvensinya itu adalah tidak ada tambahan tim non-pabrikan atau independen hingga 2021.

No caption
No credit
No caption
Valentino Rossi berencana membikin tim MotoGP tapi kepentok perjanjian di mana tidak ada tambahan tim independen hingga 2021

"Sesuai perjanjian tertulis tentang tim independen tidak ada penambahan atau pengurangan hingga 2021 mendatang."

"Dengan kata lain bila ada pembalap yang ingin tampil di MotoGP sekalipun Valentino Rossi harus menghormati traktat tersebut," beber Herve Poncharal selaku ketua umum-nya asosiasi tim balap MotoGP (IRTA) seperti dilansir www.gp-inside.com.

Kalau Valentino Rossi ingin tetap balap hingga usia 40 atau hingga 2019 harus tetap berada di tim pabrikan atau jika dengan tim independen yang pilihannya Tech3, LCR, Marc VDS, Pramac Racing, Avintia Racing atau Aspar Team.

Mungkin di 2019 bisa dilakukan perubahan mengingat banyak juga pabrikan yang ingin menurunkan tim satelitnya seperti Suzuki, Aprilia dan KTM.

Jadi cukup beralasan memang kenapa Valentino Rossi belum bisa mengutarakan apa yang dia lakukan bila kontraknya dengan Yamaha pabrikan di 2018 habis.

Herve Poncharal, selaku ketua umum asosiasi pembalap (IRTA), kalau Valentino Rossi mau bikin tim MotoGP mesti tunggu hinga 2019 pas banget usianya 40 tahun

Alih-alih tetap tampil di MotoGP hingga umur kepala 4 atau mempersiapkan segalanya untuk memiliki skuat MotoGP.

Nah percaya bukan kalau Valentino Rossi tetap balap hingga usia kepala empat dan sepertinya takkan pernah meninggalkan MotoGP ditunjukkan dengan investasinya yang digelontorkan di tim yang berkiprah di Moto3 dan Moto2, Forza Vale! (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa