Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

YLKI Kasih Solusi Ganjil Genap, Berhasil Kurangi Kemacetan dan Polusi Udara?

Harryt MR - Sabtu, 17 Agustus 2019 | 10:30 WIB
Ilustrasi kemacetan
Jasa Marga
Ilustrasi kemacetan

Otomotifnet.com - Melanjutkan pembahasan sebelumnya, YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) tegaskan perluasan ganjil genap tak akan efektif menekan kemacetan dan polusi udara di Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI. Jika penerapannya hanya setengah hati, maka perluasan area ganjil genap tak akan efektif.

Ia menjabarkan sejumlah langkah agar perluasan ganjil genap dapat berdampak signifikan terhadap menekan kemacetan dan polusi udara di Jakarta, maka: 

1. Seharusnya sepeda motor juga diberlakukan sama untuk ganjil genap, setidaknya untuk jalan protokol seperti Jl. Sudirman, Jl. Thamrin, dan Jl. Rasuna Said. Apalagi selama ini pengguna sepeda motor belum pernah dibatasi/dikendalikan, sebagaimana pengguna roda empat;

2. Taksi online tetap diberlakukan sebagai obyek ganjil genap.

Sebab pada dasarnya taksi online adalah angkutan sewa khusus berplat hitam, setara dengan kendaraan pribadi, kecuali taksi online mau berubah ke plat kuning:

3. Mendorong kendaraan bermotor di Jakarta, baik roda empat dan atau roda dua, untuk menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Sudah sangat pantas jika Kota Jakarta melarang penggunaan BBM jenis bensin premium bahkan pertalite.

Dan mewajibkan kendaraan bermotor untuk menggunakan BBM standar Euro 4.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa