Innova, Fortuner dan CR-V Makin Murah, Kena Insentif PPnBM, Ini Daftar Lengkapnya

Harryt MR - Sabtu, 3 April 2021 | 11:15 WIB
(Ilustrasi) Honda New CR-V 1.5 Turbo Prestige 2021 saat diuji oleh tim OTOMOTIF, mendapat insentif PPnBM 2021
F Yosi/Dok. OTOMOTIF
(Ilustrasi) Honda New CR-V 1.5 Turbo Prestige 2021 saat diuji oleh tim OTOMOTIF, mendapat insentif PPnBM 2021

Otomotifnet.com - Telah disahkan, Pemerintah melakukan revisi atau memperluas cakupan diskon PPnBM hingga ke mobil baru dengan kapasitas mesin 1.501–2.500 cc terhitung mulai 1 April 2021.

Yakni dengan menurunkan local purchase atau TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), menjadi 60 persen dari sebelumnya minimal 70 persen.

Alhasil, relaksasi PPnBM yang telah berlaku sejak Maret 2021, kini makin bertambah daftar mobil yang berhak menyicip insentif pajak tersebut.

Dari sebelumnya yang 21 mobil, kini bertambah jadi total 29 mobil baru mendapatkan fasilitas relaksasi PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah).

Baca Juga: Ada Innova Edisi Spesial 50 Tahun Toyota Indonesia, Kena Diskon PPnBM

Simak rinciannya dalam tabel terlampir, lengkap dengan jumlah TKDN yang telah dicapai dari masing-masing model, slide di halaman selanjutnya.

Beleid revisi dari regulasinya, termaktub dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PKM.010/2021, tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Kemudian rincian mobil-mobil yang memenuhi persyaratan relaksasi PPnBM DTP diumumkan melalui Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839, Tahun 2021.

Tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa