30 Tahun OTOMOTIF: Ayong Jeo Kramat Motor, Bermula Dari Proyek Senen

Harryt MR - Selasa, 20 Juli 2021 | 19:15 WIB
Kisah sukses Ayong Jeo membesarkan nama PT Kramat Motor, bermula dari sebuah kios kecil di Proyek Senen pada tahun 80-an
Dok. OTOMOTIF
Kisah sukses Ayong Jeo membesarkan nama PT Kramat Motor, bermula dari sebuah kios kecil di Proyek Senen pada tahun 80-an

Otomotifnet.com - Ayong Jeo dikenal sebagai sesepuh in car entertainment (ICE) Indonesia.

Sosoknya kini dikenal sebagai pengusaha audio mobil yang sukses, dengan membesarkan nama PT Kramat Motor sebagai induk usahanya.

Kisahnya bermula di Proyek Senen, Jakarta. Embrio kesuksesan Ayong Jeo diawali dengan membuka kios kecil di blok 3 Proyek Senen pada tahun 80-an.

Kemudian, usaha Ayong Jeo di ranah audio mobil menggurita. Kisah hidup dan lika-liku bisnisnya bisa dibilang sama panjangnya dengan sejarah ICE di negeri ini.

Prinsip yang patut diteladani darinya adalah etos kerja, inovasi, serta pelayanan konsumen menjadi kunci suksesnya.

Baca Juga: Ayong Jeo Siap Pimpin Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (Gatomi)

Pria kelahiran Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini awalnya merupakan tukang servis audio mobil.

Keahliannya mengutak-atik audio mobil didapatnya dari sang kakak yang lebih dahulu merantau ke Jakarta.

Berbekal dari situ, Ayong muda mencoba bersolo karir. Sayang Proyek Senen terbakar. Untungnya semangat Ayong enggak padam. Ia lantas memulai babak baru lewat kongsi dengan Sofyan, Kian John hingga Eric Limanto.

Produk yang pernah dijualnya mulai Sony, Lanzar, Orion, Rainbow, PPI, Kickers hinga Clarion. Dari para hopeng-nya tersebut, Ia menambah lini usaha, sebagai importir audio mobil dari Cina.

Nah pada waktu itu, Ia pun sempat sebal dengan kualitas audio mobil asal tiongkok. Lho apa sebab, bukankah kala itu dirinya tergolong penjual terbesar barang cungko?


Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa