Mobil Terbakar Sendiri Sedang Musim, Begini Tips Pencegahan Dari Auto2000

Harryt MR - Rabu, 28 Juli 2021 | 23:15 WIB
Sebenarnya, mobil tidak akan terbakar sendiri tanpa ada pemicu awal
Auto2000
Sebenarnya, mobil tidak akan terbakar sendiri tanpa ada pemicu awal

Otomotifnet.com - Beberapa waktu belakangan, ramai diberitakan insiden mobil terbakar di jalan raya. Nah sebenarnya, mobil tidak akan terbakar sendiri tanpa ada pemicu awal.

Yang sering terdengar adalah disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik alias korsleting, di mana percikan apinya menyentuh permukaan yang mudah terbakar.

Percikan api juga bisa timbul karena adanya kebocoran yang menetes pada sumber panas seperti pipa knalpot.

Sebelum menjadi masalah besar, simak tips dari Auto2000, yang disampaikan oleh Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 (28/7/2021).

Baca Juga: Cara Mencegah Serangan Jantung Saat Nyetir Mobil, Simak Tips Auto2000

Pertama, perhitungkan modifikasi kelistrikan mobil. Mengingat pabrikan tentu telah memperhitungkan kebutuhan daya listrik, dan sistem yang digunakan supaya aman dalam jangka waktu lama.

“Kebutuhan modifikasi mobil membuat AutoFamily (pemilik mobil-red) ingin mengubah sistem kelistrikan mobil."

"Sayangnya, proses modifikasi dilakukan tanpa memperhitungkan kebutuhan sehingga membuat sistem kelistrikan bermasalah,” bilang Iman melalui pesan tertulis (28/7/2021).

Belum lagi jika ubahan dilakukan tanpa memperhitungkan aspek teknis, seperti sambungan yang asal tempel atau tidak menambahkan sekring sebagai pengaman arus listrik.

Perhitungkan baik-baik jika mau melakukan modifikasi sistem kelistrikan mobil dan silakan berdiskusi dengan petugas bengkel Auto2000.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa