Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Arus Kendaraan Dari dan ke Puncak Bogor Meningkat Lagi, Polisi Siapkan Sistem One Way

Ferdian - Minggu, 15 Agustus 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi arus lalu lintas ke puncak Bogor
Ilustrasi arus lalu lintas ke puncak Bogor

Otomotifnet.com - Kepolisian Resor Bogor terus memantau dan mewaspadai peningkatan arus kendaraan dari dan ke area wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ini dilakukan karena sejak penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dengan pengategorian tingkatan atau level, terjadi arus peningkatan kendaraan sehingga kebijakan satu arah atau buka tutup diterapkan secara situasional.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata yang dihubungi, Sabtu (14/8/2021), menjelaskan, arus kendaraan dari dan ke wilayah wisata Puncak terpantau meningkat sejak PPKM dengan level atau PPKM levelling.

Apalagi, masa PPKM dengan level juga disertai dengan sejumlah pelonggaran, sementara titik penyekatan sudah dihapus.

”Memang ada sedikit peningkatan dibandingkan arus biasanya,” kata Dicky.

Sebagai antisipasi, Polres Bogor bersiaga dan memantau peningkatan arus.

Selanjutnya karena penyekatan sudah dibuka, digantikan dengan pelaksanaan pemeriksaan di titik-titik pemeriksaan. Pos pemeriksaan, di antaranya di Gerbang Tol Ciawi dan di jalur-jalur alternatif.

Baca Juga: Aturan Ganjil-Genap di Bandung Bikin Warga Kebingungan, Polisi Kasih Saran Lewat Jalan Tikus

Jadi, selama masyarakatnya dapat menunjukkan (tes) swab antigen dan surat vaksin, ya, silakan mengunjungi wilayah Bogor dan Puncak pada umumnya.

Adapun yang diperiksa petugas adalah memastikan masyarakat yang melintas memiliki surat hasil tes usap antigen negatif dan sertifikat vaksin.

”Jadi, titik-titik check point-nya sama, hanya pemeriksaannya tidak lagi penyekatan, tetapi pemeriksaan. Juga karena ada pelonggaran,” kata Dicky.

Apabila masyarakat yang melintas bisa menunjukkan kedua syarat itu, otomatis mereka bisa lewat. ”Jadi, selama masyarakatnya dapat menunjukkan (tes) swab antigen dan surat vaksin, ya, silakan mengunjungi wilayah Bogor dan Puncak pada umumnya,” kata Dicky.

Dengan pelonggaran, Dicky melanjutkan, itu membuat arus kendaraan sedikit meningkat. Namun, ia memastikan di kawasan wisata, rumah makan tetap dibatasi 20 menit dan di lokasi wisata dibatasi jumlah pengunjungnya.

Dicky memastikan, saat kepadatan tidak terlalu meningkat, petugas tetap memantau dan bersiaga di titik Pasar Cisarua dan Megamendung. Namun, saat akhir pekan dan libur nasional, pengawasan oleh petugas ditambah.

Sistem one way ataupun buka tutup diterapkan sambil melihat situasi untuk mengurai keramaian dan meminimalkan kerumunan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa