Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kabar Baik, PPnBM 0 Persen Diperpanjang Permanen, Tapi Ada Syaratnya

Harryt MR - Sabtu, 11 Desember 2021 | 08:42 WIB
Relaksasi PPnBM 0 persen bakal diperpanjang secara permanen
Dok. Otomotif
Relaksasi PPnBM 0 persen bakal diperpanjang secara permanen

Otomotifnet.com - Relaksasi PPnBM DTP diakui efektif menggenjot penjualan mobil, serta turut mendongkrak perekonomian nasional ditengah pendemi Covid-19 yang masih menghantui.

Oleh karenanya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengusulkan PPnBM 0 persen diperpanjang secara permanen. Tapi ada syaratnya, yakni kudu memenuhi ketentuan local purchase mencapai 80%.

“Pemerintah sedang mempersiapkannya secara berhati-hati dengan memperhitungkan cost and benefit, serta menyusun time frame-nya,” jelas Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian.

Lebih lanjut, industri otomotif merupakan salah satu sektor terpenting dan sebagai kontributor utama terhadap PDB. Atas dasar itu, dukungan kebijakan Pemerintah pada sektor ini berdampak siginifikan terhadap pemulihan ekonomi.

Saat ini terdapat 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih, dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun, dengan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang.

Total investasi yang telah tertanam mencapai Rp 140 triliun, dan memberikan penghidupan kepada 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap Mulai Tahun Depan LCGC Digusur Perlahan, Era LCEV Dimulai

”Saya sangat bangga, bahwa saat ini produk otomotif kita telah berhasil diekspor ke lebih dari 80 negara. Selama Januari-Oktober 2021 tercatat sebanyak 235 ribu unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar Rp43 triliun,”

”(Kemudian) 79 ribu set CKD dengan nilai sebesar Rp1 triliun, dan 72 juta unit komponen dengan nilai sebesar Rp24 triliun,” rinci Menperin Agus.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa