Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sah! Kemenkeu Tetapkan Kebijakan Bea Masuk Kendaraan Listrik Nol Persen

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Minggu, 27 Februari 2022 | 12:25 WIB
Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung
Hendra
Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung

Otomotifnet.com - Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong tren otomotif Tanah Air menuju kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Untuk mendukung pergeseran tersebut, Kementerian Keuangan menetapkan tarif khusus Bea Masuk nol persen untuk kendaraan listrik yang diimpor dengan kondisi tidak utuh dan tidak lengkap, atau Incompletely Knocked Down (IKD).

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-13/MK.010/2022 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.010/2017 tentang Penerapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor.

Febrio Kacaribu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, mengatakan PMK ini menyasar kendaraan berstatus IKD karena jenis ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk perekonomian domestik.

Karena, komponen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) IKD yang belum lengkap, akan dipenuhi dengan menggunakan komponen yang dihasilkan produsen dalam negeri.

"Insentif ini akan membuat industri KBLBB semakin berkembang karena akan meringankan biaya produksi," ujar Febrio dalam keterangan tertulis yang diterima (26/2/2022).

Adapun insentif Bea Masuk nol persen ini diberikan untuk impor bentuk IKD kendaraan bermotor listrik roda empat atau lebih.

Juga yang hanya dengan motor listrik berbasis baterai sebagai penggerak traktor jalan semi-trailer.

Kemudian, kendaraan bermotor untuk pengangkut sepuluh orang atau lebih termasuk pengemudi, kendaraan bermotor untuk pengangkutan orang lainnya, kendaraan bermotor pengangkut barang, serta kerangka dilengkapi dengan motor listrik sebagai penggerak.

"Dengan berbagai insentif yang sudah berjalan, insentif Bea Masuk nol persen ini diharapkan semakin mempercepat terealisasinya penggunaan kendaraan ramah lingkungan yang lebih masif," ungkap Febrio.

Selain itu, insentif Bea Masuk nol persen ini merupakan satu paket kebijakan dengan kebijakan KBLBB sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) 55 tahun 2019.

Saat ini pemerintah terus membangun ekosistem kendaraan bermotor listrik yang terdiri dari produsen, stasiun pengisian daya, hingga produsen baterai.

Baca Juga: Banyak Yang Sadar Isu Lingkungan, Mobil Listrik Hyundai Sudah Laku Segini Sejak Awal Dijual

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa