Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Amit-amit Kejadian di Indonesia, Stok BBM Sri Lanka Habis-habisan, Ekonomi Terhenti

Ferdian - Senin, 20 Juni 2022 | 15:45 WIB
Antrean kendaraan membeli bahan bakar di stasiun bahan bakar perusahaan minyak Ceylon tampak mengular di Colombo, baru-baru ini.
AFP/ISHARA S KODIKARA
Antrean kendaraan membeli bahan bakar di stasiun bahan bakar perusahaan minyak Ceylon tampak mengular di Colombo, baru-baru ini.

Otomotifnet.com - Setelah kehabisan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi, aktivitas perekonomian Sri Lanka nyaris terhenti.

Ribuan kendaraan terlihat mengantre hingga berkilo-kilometer demi menunggu SPBU diisi ulang oleh Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dikutip dari moneyweb.co.za, Sabtu (18/6/2022), Pemerintah Sri Lanka mengumumkan perintah kerja dari rumah pada Jumat (17/6) untuk semua pegawai, kecuali pekerja yang di sektor paling penting.

“Dengan mempertimbangkan batasan pasokan bahan bakar yang ketat, sistem transportasi umum yang lemah, dan sulitnya menggunakan kendaraan pribadi, surat edaran ini memungkinkan staf minimal untuk masuk kerja mulai Senin,” kata Kementerian itu.

Surat edaran tersebut juga menyebutkan dari sekitar satu juta pegawai pemerintahnya, mereka yang menyediakan layanan penting seperti perawatan kesehatan akan terus melapor untuk bertugas di kantor mereka.

"Karena transportasi umum yang langka serta ketidakmampuan untuk mengatur kendaraan pribadi, diputuskan untuk secara drastis mengurangi jumlah karyawan yang melapor untuk bekerja," ujar kementerian Sri Lanka.

Menteri Tenaga dan Energi Sri Lanka, Kanchana Wijesekera mengatakan, Ceylon Petroleum Corp yang dikelola negara belum menerima tender untuk stok bahan bakar baru, karena pemasok terhalang oleh pembayaran yang belum dibayar.

“Sri Lanka telah berkomunikasi dengan beberapa perusahaan dan negara lain, termasuk Rusia untuk mengimpor bahan bakar kendaraan melalui jalur kredit baru senilai 500 juta dollar AS,” katanya.

Kementerian pendidikan juga mengatakan semua sekolah telah diminta untuk tetap ditutup selama dua minggu mulai Senin (20/6). Dengan diberlakukannya aturan itu, aktivitas pembelajaran sekolah dilakukan secara online.

Untuk memastikan semua aktivitas dan pengajaran online, pemerintah akan menjamin keberlangsungan pasokan listrik masyarakat.

Dengan mengambil langkah ini, pemerintah berharap agar cara tersebut dapat menghentikan laju krisis ekonomi dan pangan yang sedang terjadi di Sri Lanka.

Baca Juga: Curiga Mobil isi Bensin 61 Liter, Warga Dan Petugas SPBU Ribut, Diduga Timbun BBM

Sumber: https://jateng.tribunnews.com/2022/06/20/ekonomi-sri-lanka-terhenti-setelah-pasokan-bbm-habis-kantor-kantor-hingga-sekolah-tutup?page=2

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa