Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Banyak Orang Tahu, Saat Terjatuh Dari Motor Ternyata Ada Caranya

Panji Nugraha - Kamis, 20 Juli 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi cara terjatuh dari motor
DAM
Ilustrasi cara terjatuh dari motor

Otomotifnet.com - Belum banyak orang tahu, ternyata saat terjatuh dari motor ada caranya.

Kegiatan bermotor bagi sebagian orang dilakukan setiap hari, minimal untuk pergi pulang ke kantor, ke warung atau bahkan ngapel ke rumah pacar.

Kegiatan bermotor bukan tanpa resiko, bahkan saat bermotor kita hanya ada dua takdir, selamat sampai tujuan atau mungkin terjadi sesuatu di tengah jalan.

Resiko bertabrakan atau mungkin terjatuh dari motor bisa saja terjadi kapan saja.

Agar mengurangi resiko saat terjadi kecelakaan atau terjatuh dari motor, bisa ikutin teknik atau cara ini agar meminimalisir dampak negatif yang dialami tubuh kita.

Tujuannya untuk mengurangi dampak negatif yang dialami, diantaranya mulai dari :

 1. Lepaskan diri dari sepeda motor

Dalam keadaan darurat saat kita mulai kehilangan keseimbangan saat berkendara dan dirasakan akan terjatuh, sebaiknya kita langsung melepaskan genggaman pada kemudi stang motor dan membiarkan motor terjatuh secara terpisah dengan kita.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terseret oleh motor dan mengakibatkan cedera yang lebih parah.

2. Berguling ke arah kiri jalan

Saat sudah terjatuh tentunya setiap pengendara memiliki reflek yang berbeda-beda.

Namun langkah yang paling baik adalah segera lipatkan tangan menutupi dada dan lengan ke dagu untuk melindungi tubuh serta mencegah terjadinya dislokasi pada sendi lengan atau patah tangan pada lengan akibat menahan tubuh yang terjatuh.

Setelah itu segera berguling ke arah kiri jalan agar tidak ada pengendara lain atau pengguna jalan lain yang akan membahayakan kita juga saat terjatuh.

3. Jangan langsung berdiri

Ketika sudah terjatuh dan berguling, sebaiknya jangan langsung berdiri.

Segera cek terlebih dahulu, terutama pada bagian persendian. Gerakan setiap sendi tubuh Anda secara perlahan untuk memeriksa adanya rasa nyeri atau kekakuan yang tidak biasa.

Perhatikan juga pernapasan untuk mengkonfirmasi keadaan tubuh kita serta mengetahui apabila terdapat cedera yang serius dan membahayakan kondisi tubuh.

Jika merasa ada cedera serius, segera cari bantuan medis atau bisa melakukan pengecekan di rumah sakit terdekat dan ditangani oleh dokter dengan tepat.

"Jangan lupa juga saat berkendara menggunakan sepeda motor, kita wajib menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu untuk melindungi kita saat terjadi kecelakaan,"

"Ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan berkendara saat berada di jalan raya, utamakan keselamatan diri dan mematuhi aturan lalu lintas menjadi salah satu cara penting untuk menghindari resiko kecelakaan,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Baca Juga: Tahukah Kalian, BPJS Tanggung Biaya Korban Kecelakaan, Penting Iuran Rajin

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa