Semua CVT Motor Matik Bisa Mengalami Gredek, Dua Part Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Isal,Ignatius Ferdian - Rabu, 7 Juli 2021 | 18:40 WIB

Ilustrasi CVT motor matik (Isal,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Gejala gredek di CVT motor matik bisa mengancam semua motor matik kalau dua part ini tidak pernah dirawat.

Sekadar info, penyebab gredek pada motor matik berasal dari masalah di area CVT.

"Sebenarnya penyebab gredek pada motor matic ada dua, kalau enggak dari kampas ganda, ya dari rumah atau mangkuk kampas ganda," buka Muhammad Faiz selaku pemilik D'Kutic, bengkel spesialis motor matik beberapa waktu yang lalu (06/21).

Seperti diketahui, gredek atau gejala bergetar di CVT motor matic umumnya terjadi saat motor mau jalan atau angkatan pertama.

"Gredek saat angkatan pertama itu disebabkan oleh kampas ganda yang slip," kata Faiz, mekanik jebolan Takutic, bengkel spesialis motor matik dibilang Kebagusan, Pasar Minggu ini.

Baca Juga: Kampas Ganda Overheat Jangan Dibiarkan, Kenali Tandanya, Antisipasi Dini Gejala Gredek

Togi Sitio
Mangkok kampas ganda Yamaha Lexi yang dibolongin

Menurut Faiz, ada beberapa penyebab kampas ganda slip yang kemudian menimbulkan gredek.

"Kotoran berupa debu, enggak hanya dari luar yang terhisap ke CVT, sisa-sisa tapak kampas ganda yang terkikis bisa menjadi debu dan membuat kampas ganda licin (slip)," beber Faiz.

Kemudian grease atau gemuk dari pulley belakang yang masuk ke rumah kampas ganda juga bisa menjadi penyebab kampas ganda slip.

"Biasanya hal ini disebabkan sil pulley belakang yang getas," tambahnya saat ditemui di Jalan Kabel No.1, Beji, Depok, Jawa Barat.

Ternyata gejala gredek enggak hanya disebabkan oleh rumah atau mangkuk kampas ganda yang kotor.

Baca Juga: Vespa Matik jangan Sampai CVT-nya Gredek, Wajib Servis Rutin, Segini Biayanya