Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Mio Soul, Konsep Untuk Difabel

billy - Minggu, 3 Februari 2013 | 15:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Satu lagi motor matik diubah out the box. Amos Leonardo Saragih, sang builder dari rumah modifikasi N-Concept Amoz Leonardo Design Jogja (N-CALD) yang mengerjakan. Modifikator yang sarjana arsitektur ini bikin konsep motor matik roda tiga buat kaum difabel. Tetapi tentunya, konsep yang ciamik dong.

“Kebanyakan yang sering kita jumpai motor roda tiga buat kaum difabel adalah yang dua rodanya di belakang. Tapi, ini kali saya bikin berbeda. Justru dikonsep ini, roda duanya ada di depan,” terang Amos.

Konsep yang persisi kayak kebanyakan motor-motor Eropa, coba dikejarnya. Karena selain lebih safety, juga lebih enak dilihat. Amos melanjutkan, bahwa tujuannya ini adalah membantu teman-teman difabel untuk berkendara dengan aman, nyaman dan bisa beraktifitas jarak jauh tanpa harus cepat lelah.

No caption
No credit
No caption

Masih menurut Amos, untuk membikin motor seperti ini cukup murah. Sebab rangka, kaki-kaki belakang dan mesin tidak diubah. Cuma, bodi belakang sedikit dikustom untuk menyesuaikan tampilan motor. Sementara, bodi depan harus dirombak total. Utamanya kaki-kaki depan.

"Bagian depan menjadi sektor utama perombakan. Lebar motor, tingginya dan sudut beloknya pun juga harus sangat diperhitungkan. Sebab semua ini urusan soal safety dan kenyamanan,” tambah Amos dari Jl. Kapulogo, Nologaten, Sleman, Jogjakarta.


Sistem roda depan dan cara beloknya, dibikin persis seperti pada gokart. Hanya bedanya, kemudinya aplikasi setang. Bukan setir. Pengeremannya, dibikin dobel cakram. Sedangkan setang juga dilengkapi dengan panel bensin dan spidometer digital sistem sensor. Serta dilengkapi lampu depan dan belakang.

Saat pemotretan, Em-Plus diberi kesempatan untuk langsung test ride pacuan ini. Hasil tes, Mio modif ini tergolong nyaman. “Jika ada yang berminat, kami siap kok bikin berapapun jumlahnya,” tutup Amos sedikit promosi. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Sok depan : YSS
Ban : Swallow 80/90-14
Kaliper + cakram : Yamaha Mio
Lampu depan : Standar custom
N-CALD : 081-22731733

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa