Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Astrea Prima, Rabbit Baztard

billy - Selasa, 8 November 2011 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gaya modifikasi choppy cub sekilas ubahannya terlihat simpel! Cuma menanggalkan seluruh bodi hingga hanya meyisakan rangka. Namun begitu dicermati, memang enggak semudah dari apa yang dipandang. Proses pengerjaan tetap butuh taste mumpuni. Bahkan terkadang sampai potong rangka juga.

“Untuk membangun choppy cub ideal, beberapa bagian rangka standar harus dipotong,” kompak Aep Syaeful dan Yoga Rahardian, modifikator dari bengkel RJ 24 Painting Airbrush dan Kinigila Custom dari Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat yang dipercaya garap Honda Astrea Prima ini.

Astrea Prima sudah meganut rangka monokok. Rangka seperti ini paling pas untuk ubahan choppy cub. “Yup, idealnya monokok, seperti Honda C50, C70, sampai generasi Honda Grand dan Legenda,” timpal Yoga kasih penjelasan.

Juga lantaran rangka monokok punya tangki bensin menyatu dengan rangka utama. Desain rangka inilah yang bikin tampilan choppy lebih pas dilihat ketimbang pakai rangka bebek modern.

Biar tampilan choppy makin cihuy lagi, areal rangka harus diseting ulang. Seperti centerbone yang dibuat melar sampai 12 cm. “Diameter pipa besi meyesuaikan bawaan motor. Juga untuk mendukung tongkrongan lebih melar,” lanjut Aep lagi.


Terlihat lebih merayap, rangka tengah terpaksa harus dipapas. Pemotongan dilakukan tepat di bawah tangki sehingga bikin motor jadi ceper.

Pemasangan sok depan Honda C-70 berdesain jadul, ikut menyumbang tampilan jadi lebih sip dan kental berkesan chopper. Apalagi fork depan sudah didesain menarik bersanding kemudi bergaya rabit bar. “Lampu utama jadi satu dengan fork biar kesan klasik muncul,” ulas Aep.

Sedang areal belakang, arm standar diganti lengan ayun custom dari pipa besi. Didesain seperti rangka rigid lantaran kedua suspensi sudah diganti pipa besi sebagai penyangga.

Lanjut mempercantik ornamen. Mulai shifter, sisi bar, tutup tangki dan lainnya merupakan handmade. “Variasi bolt-on ini order ke Van Jana Custom yang spesialis variasi chopper dan choppy cub,” sebut Yoga yang kasih julukan Rabbit Baztard untuk choppy cub ini.  (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan  : IRC 70/80-17
Ban belakang : IRC 90/80-17
Knalpot    : Van Jana Custom
Shifter  : Van Jana Custom
RJ 24 Painting : 0857-22420933

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa