Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Pilih Mana?

Bagja - Kamis, 4 Agustus 2016 | 11:46 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sama-sama dibuat Daihatsu, spesifikasi sampai mesin pun sama, bahkan harga jual yang mirip-mirip, jadi bingung ya mau pilih Toyota Calya atau Daihatsu Sigra.

Dilihat dari luar, beda antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sebenarnya hanya pada wajah depannya. Toyota Calya mirip dengan Toyota Veloz, sementara Daihatsu Sigra mirip dengan Toyota Avanza.

Desain lampu utamanya sama, dibuat lebih tajam. Begitu juga padanan grill tebal berlabur krom. Hanya logo di tengahnya yang membedakan.

Kemudian aliran udara. Meski sama-sama besar, Daihatsu Sigra terlihat lebih agresif dengan ketegasan sudut yang serba tajam. Selain itu, di bumper aliran udaranya dibuat terpisah.

Sementara Toyota Calya aliran udaranya dibuat menyatu dengan bumper, kalau diperhatikan mirip Toyota Veloz. kalau Daihatsu terdapat aliran udara pada bumper, Toyota Calya didesain terlihat tangguh dengan pelindung bumper yang dihias dengan aksen krom.

Untuk cover foglamp, Daihatsu Sigra juga dibuat meruncing dengan posisi horizontal. Sedangkan Toyota Calya posisinya vertikal dengan desain yang juga cenderung tajam.

No caption
No credit
No caption

Toyota Calya

Daihatsu Sigra

Selain tampang, juga harganya mirip. Tipe tertinggi Toyota Calya tipe G AT banderolnya Rp 149,5 jutaan, sementara Daihatsu Sigra tertinggi tipe R Deluxe banderolnya Rp 148,6 jutaan. Selisih hanya Rp 900 ribuan.

Padahal kalau kita lihat pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, juga Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bahkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, semua mobil Daihatsu memang diposisikan punya harga selalu lebih murah. Kisarannya bisa sampai Rp 10 jutaan lebih.

Namun untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, beda harga antara keduanya hanya tipis saja. Sehingga, hanya tinggal usungan fitur dan tampangnya saja yang membuat orang menentukan mau beli merek Toyota atau Daihatsu.

"Ya memang tampang sama harganya seperti mirip-mirip. Tapi nanti deh saat kita luncurkan untuk publik, coba perhatikan fitur-fitur pada Sigra lebih banyak daripada calya," ujar Marketing and Customer Relation Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso. 

Sehingga tambahnya, meski harganya mirip, sebenarnya Daihatsu Sigra lebih murah karena dikompensasi dengan tambahan fitur. "Sementara semua spesifikasi pada dasarnya sama saja antara calya dan Sigra," tambahnya.

Duh jadi makin bingung? Menurut Otonetters lebih pilih yang mana jadinya?  

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa