Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Kawasaki Ninja 250 Bore Up 300 cc, Awas Tertipu Tampang!

Selasa, 29 November 2016 | 10:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Raymond pemilik Kawasaki Ninja 250 berwarna merah lansiran 2014 silam ini pengin iseng bore-up motor hariannya agar bisa ninggalin motor-motor 250 yang lain. “Sengaja gak upgrade tampilannya dan dibiarkan tetap standar dan terlihat cupu, tapi upgrade difokuskan pada sektor mesin. Supaya bisa ninggalin mereka yang ugal-ugalan di jalan,” ungkap pria ramah ini.

Nah untuk merealisasi keinginannya tadi, Raymond langsung mendatangi bengkel Ultraspeed Racing (USR) di Jalan Daan Mogot Raya Km 11, Jakbar. Dengan diskusi panjang lebar dengan Freddy Gautama si empunya USR, akhirnya fix Ninja 250-nya ditingkatkan menjadi 300 cc pakai bore-up kit milik USR.

Biar enggak penasaran, yuk kita intip apa aja ubahan yang dilakukan pada motor yang mampu berhasil memuntahkan power maksimal 35,27 dk pada 11.400 rpm dan torsi 24,1 Nm di 8.500 rpm di atas dinamometer Dynamite USR ini. Simak nih upgrade performa Kawasaki Ninja 250 yang satu ini! (Sigit / otomotifnet.com)

Bore Up 300
Karena sudah melewati berbagai macam riset dan diuji balap oleh USR, Freddy langsung mencolok blok 67 mm USR yang berhasil dongkrak kapasitas mesin jadi 290,4 cc. “Saya pede colok blok ini, soalnya dipakai balap yang terus digeber tanpa ampun aja kuat, apalagi hanya untuk pemakaian harian,” jelas Freddy Gautama.

Koil Racing
Pembakaran yang sempurna merupakan kunci power dan torsi yang maksimal. Demi mengejar ledakan api yang lebih besar, koil standar dipensiunkan yang kemudian digantikan dengan koil racing buatan USR yang sudah teruji. Knalpot Racing Urusan pembuangan akhirnya dimaksimalkan melalui knalpot racing Nassert Beat Japan. “dB killer-nya sengaja enggak dilepas karena berisik banget, biarkan begitu saja karena akan bikin orang mikir ini adalah motor pelan,” canda Raymond.

ECU Aracer
Supaya bisa memaksimalkan bore-up yang dilakukan tadi, settingan dimaksimalkan menggunakan ECU Aracer. Setelah satu jam mencari mapping paling perfect akhirnya AFR diset di 13,3:1 agar mendapatkan tenaga dan torsi yang paling maksimal.

Head Porting
Demi menyesuaikan udara yang keluar masuk dari ruang bakarnya, headnya diporting dan polishing biar pengabutannya jadi makin sempurna. Hal ini bertujuan agar power atasnya semakin jalan dan tidak ngambang.

No caption
No credit
No caption
 
Upgrade Performa Kawasaki Ninja 250

Data Dyno:
Standar :
Power 30,3 dk @11.200 rpm
Torsi 20,8 Nm @8.600 rpm
Bore-up :
Power 35,27 dk @11.400 rpm
Torsi 24,1 Nm @8.500 rpm AFR : 13,3:1
Bengkel: Ultraspeed Racing 0817-858080 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa