Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride New Triumph Tiger XRx, Mantap Berhias Pemandangan Spektakuler

Dimas Pradopo - Jumat, 21 November 2014 | 17:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Spanyol - Selesai sudah touring perdana OTOMOTIF dengan New Triumph Tiger XRx. Sesuai seri yang dipakai yakni keluarga XR yang memang lebih diperuntukkan medan jalan aspal, rute hari ini akan menempuh jarak total 197 km, mengelilingi kota Malaga, Spanyol.

Keluar dari hotel Melia La Quinta Golf & Country Club, rombongan 3 jurnalis dari Indonesia berikut Indra Dwi Sunda, Marketing Manager PT Triumph Motorcycle Indonesia dikawal oleh Tim Mills dan Chris Willis dari Triumph Inggris, sebagai Road Captain dan Sweeper.

Total 6 rider berangkat sekitar pukul 9.45 waktu Spanyol. Langsung menuju jalur luar kota untuk mencapai stop point pertama di Restaurante Pension El Navasillo di daerah Ronda. Trek pertama menempuh rute perbukitan yang menantang dengan ragam tikungan dan pastinya pemandangan yang luar biasa indah dan spektakuler.

No caption
No credit
No caption

Langit yang membentang luas tanpa awan, bikin tenaga sebesar 94 dk dari mesin 3 silinder segaris terasa berlebih. Sementara torsi maksimum sebesar 79 Nm di kisaran 7.850 rpm, hampir tak pernah terpakai karena keasyikan melihat pemandangan sekitar.

OTOMOTIF sendiri lebih senang bermain di kisaran 4.000 sampai 5.000 rpm. Di kisaran tersebut, suara raungan mesin terbilang senyap. Jauh lebih seru menikmati semilir angin dingin sekitar 8 derajat Celcius, yang terasa menusuk jari tangan walau sudah dilindungi sarung tangan ber-protector.

Setelah perut diisi kopi panas plus sedikit roti, perjalanan dilanjutkan menempuh rute perkebunan di daerah Canete el Real. Kali ini, jalur menuruni perbukitan dihiasi tikungan panjang dan terbuka, yang bikin putaran gas semakin meningkat. Di jalur ini pun, handling New Tiger XRx tetap baik.

No caption
No credit
No caption

Sumbernya, apalagi kalau bukan sistem ride by wire yang baru terpasang di generasi Tiger terbaru ini. Ada 3 pilihan mode berkendara yakni Rider, Road dan Off Road, masih dikombinasi 4 pilihan bukaan throttle yaitu Rain, Road, Off Road dan Sport, plus 3 pilihan Triumph Traction Control (TTC) dan kalau belum cukup juga, masih ditambah 3 opsi untuk sistem rem ABS.

Untuk rute kali ini, OTOMOTIF mempercayakan pada setelan Road. Pada mode ini, seluruh sistem rem ABS berfungsi baik untuk ban depan dan belakang, juga traction control aktif dan bukaan gas dibuat sehalus mungkin tanpa meninggalkan aura sporti.

Setelah makan siang di restaurante Gloria di daerah El Burgo, giliran jalur menurun, masih dihias tikungan panjang dan trek lurus yang membentang. Kini saatnya mencoba cruise control yang jadi fitur terbaru di generasi Tiger. Cukup tekan tombol cruise control di bagian bawah setang sisi kanan, lalu tekan Set setelah mencapai kecepatan yang diinginkan. Selanjutnya OTOMOTIF menghangatkan tangan yang mulai dingin kembali.


Setelah melewati kota kecil Coin, rombongan melaju di jalan bebas hambatan. Kemampuan mesin 800 cc New Tiger XRx masih mencukupi. Memang, ketika berada di jalur ini akan lebih afdol kalau pakai Adventure yang berkapasitas 1.200 cc.

Namun, berkat teknologi yang terpasang. Jarum spidometer New Tiger XRx masih sanggup menyentuh angka 150 kpj sebelum mesti lepas gas karena kondisi jalan yang ramai. Oh iya, di kecepatan ini pun putaran mesin masih terbilang rendah loh, di kisaran 6.000 rpm.

Sampai kembali di hotel, dengan total jarak tempuh 197 km. OTOMOTIF mencatat speed rata-rata di angka 52,4 kpj, dengan konsumsi bahan bakar 4,9 liter untuk 100 km atau per liter bensin sanggup menempuh jarak 20,4 km! Termasuk irit dan efisien untuk sebuah motor berkapasitas 800 cc.

Nah, bagaimana dengan performanya ketika menempuh jalan off road. Tunggu sesi berikutnya besok ya… (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa