Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula

Billy - Selasa, 21 Februari 2012 | 12:02 WIB
Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula

Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Jakarta – Saat melihat sosoknya yang ceper dan bermoncong panjang, tak terbayangkan jika roadster Mazda MX-5 mudah membelah kemacetan dalam kota.

Nyatanya pendapat tersebut salah. Karena Mazda MX-5 justru bisa dibilang sebagai roadster pemula yang menyajikan banyak kemudahan berkendara, termasuk di kemacetan.

Yup, untuk masuk ke dalam kabin roadster tipe hardtop ini, posisi badan wajib menunduk karena ruang atap yang rendah. Tapi kalau atap convertible-nya dibuka, tentu tak perlu menunduk.

Didalam kabin, badan Otomotifnet.com langsung dibekap jok semi bucket dari Recaro. Terasa kurang nyaman bagi pengguna berbadan extralarge. Untungnya, ruang kabin yang sempit sedikit terobati dengan space kaki luas.

Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Posisi duduk yang rendah juga mempengaruhi sudut pandang pengemudi. Enaknya sudut pandang MX-5 tak terlalu mendem, seperti sportscar kebanyakan. Sehingga ujung kap mesin masih terpantau.Hasilnya feeling mengemudi tak beda jauh seperti kita membawa hatchback kompak semacam Yaris atau Jazz.

Semakin nyaman, sistem audio dikawal merek ternama, Bose yang menyemburkan tata suara kelas wahid di dalam kabin. Tetapi kelemahan muncul dari banyaknya blindspot yang tak dapat terpantau karena lekuk bodi. Blindspot itu juga hadir berkat bentuk spion-nya yang terbilang kecil.

Raungan mesin MZR 2.0L In-line 4 silinder, 16 valve S-VT terdengar berwibawa, namun masih dalam batas sopan dan tidak mengintimidasi pengguna jalan lain. Tarikan awal terasa lembut, tak ada semburan tenaga berlebihan.

Selepas kemacetan kota, tak sah jika belum mencicipi tenaga 160 dk mobil seharga Rp 591 juta ini secara optimal. Untuk itu, MX-5 dibawa menuju Tangerang via Tol Merak.

Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Mazda MX-5, Roadster Harian untuk Pemula
Dengan kondisi jalan cukup lengang, mobil dua penumpang ini mampu dikebut sampai 160 km/jam. Akselerasinya didukung dengan transmisi 6-Speed Direct Activematic dengan Active Adaptive Shift yang memiliki perpindahan gigi halus.

Sayangnya permukaan jalan tol yang bergelombang membuat Otomotifnet.com harus puas dengan kecepatan yang ‘lumayan’ itu.

Kesimpulannya, MX-5 cocok untuk jadi ‘sahabat’ sehari-hari. Dengan kemudahan mengemudi serta taburan fitur asik, MX-5 bisa diandalkan buat nongkrong ataupun bepergian ke luar kota. Tapi… Tentu saja rute 3 in 1 di Jakarta wajib dihindari, karena kabin MX-5 hanya muat dua penumpang.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa