Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata, Diameter & Cakram Rem Agya Manual dan Matik Beda

Jumat, 21 Maret 2014 | 15:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Toyota Agya dipasarkan dengan dua mode transmisi, yaitu manual dan otomatis. Trus, sistem pengeremannya pun berbeda, terutama pada disc brake atau cakram.

No caption
No credit
No caption


Pada versi matik menggunakan disc brake berdiameter 13 inci. Sedangkan tipe manual menggunakan cakram berdiameter 12 inci (gbr.1). Kenapa berbeda?

"Agya matik atau semua jenis mobil bertransmisi otomatis lainnya mengandalkan pengereman 100% untuk melambatkan laju. Karena mobil jenis matik tak ada engine brake. Makanya, sistem pengeremannya harus lebih pakem,” tegas Ekowati, Technical Leader Auto 2000 Kalimalang, Jakarta Timur.

Itulah mengapa Agya matik menggunakan disc brake lebih besar dibandingkan Agya versi manual. Selain lebih besar, cakram yang digunakan juga berbeda. Kalau pada transmisi manual hanya mengandalkan cakram solid, sementara disc brake Agya matik dilengkapi sistem ventilasi (gbr.2).

No caption
No credit
No caption

“Ventilasi ini berfungi untuk mempercepat pelepasan panas ke udara. Sehingga, kinerja cakram bisa lebih optimal. Karena, pada mobil matik, rem bekerja jauh lebih berat dibanding versi manual,” tambah pria ramah ini.

Tapi bukan berarti dengan disc brake berdiameter 12 inci dan tanpa lubang pada Agya manual tidak pakem. Untuk ukuran mobil kecil dan bertransmisi manual, ukuran segitu dirasa mumpuni. “Semua sudah diriset dan diuji coba secara serius di pabrik sebelum dilepas ke pasaran,” tambah Eko.




Meski sama-sama Agya, bukan berarti disc brake 13 inci jenis ini bisa diaplikasi ke Agya versi manual. Selain akan menggugurkan garansi, ternyata banyak faktor yang membuat susah diaplikasi. Di antaranya, brake pad atau kampas rem pun besarnya tak sama (gbr.3).

Selain itu, kalipernya pun berbeda. “Demi alasan safety, kami tidak menyarankan untuk penggantian cakramnya,” tutup Eko. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa