Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Menteri Diajak Ngedrift Untuk Uji VSC, Serem Bro!

Fransiscus Rosano - Sabtu, 3 September 2016 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Shizuoka - Biasa dipakai untuk mengangkut menteri di Indonesia, versi teranyar Toyota Crown Majesta justru cenderung bersifat mainstream di Jepang. Baik mobil pribadi atau sebagai taksi, sedan flagship Toyota ini berkeliaran bak tidak seperti mobil mahal di negara matahari terbit ini.

Juga di trek khusus Fuji Speedway, Toyota Motors Asia Pacific mengundang OTOMOTIFNET.COM untuk menguji salah satu fitur keselamatan bernama VSC (Vehicle Stability Control) dengan Toyota Crown Majesta.

Untuk apa? Di atas trek yang sangat licin, VSC mencegah Crown Majesta ini untuk nge-drift karena menikung terlalu kencang.

VSC termasuk sistem yang menggabungkan beberapa fitur safety lainnya, seperti TRC (Traction Control) dan ABS.

Cara kerjanya, ketika sensor mendeteksi lateral skid atau slip, rem akan diaplikasikan secara otomatis ke masing-masing ban yang membutuhkan dan tenaga dari mesin juga akan dikurangi.

Mematikan VSC pada Toyota Crown Majesta cukup menekan tombol di layar sentuhnya

Pertama dengan VSC dimatikan, kami diminta untuk menikung ke kanan dengan kecepatan 50 km/jam di atas aspal yang dibasahi secara konstan menggunakan Toyota Crown Majesta Hybrid.

Sejatinya karakter penggerak e-Four, langsung terjadi understeer alias laju mobil tetap lurus meski ban sudah dibelokkan.

Kemudian mengulang melewati lintasan yang sama, kali ini dengan VSC aktif.

Tepat saat understeer akan terjadi, terasa komputer mengambil alih dengan mengerem bagian kanan depan dan tenaga mesin berkurang, sehingga bagian belakang bisa sedikit memberi gerakan counter ke kiri dan understeer tidak jadi terjadi.

Ternyata, VSC akan memaksa mobil untuk menikung ke kurva dalam ketika understeer, atau ke kurva luar saat oversteer.

Wah, berarti jangan matikan VSC nih kecuali memang mau nge-drift.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa