Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis All New Suzuki Satria F150 Tahun Kedua, Hampir 500 Ribu

Otomotifnet - Minggu, 15 Januari 2017 | 08:37 WIB
Servis Suzuki Satria F150
Fariz/Otomotifnet.com
Servis Suzuki Satria F150

Jakarta - Tak terasa, tahun ini All New Suzuki Satria F150 akan berumur dua tahun. Pemiliknya harus siap-siap merayakan dengan melakukan servis berkala sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Di tahun kedua ini Satria F150 hanya melakukan servis berkala 3 kali saja, namun sudah tidak free jasa servis ya, harus bayar.

Servis berkala tahun kedua dimulai pada odometer 16.000 km atau 16 bulan dan dilakukan setiap kelipatan 4.000 km. Nah, simak yuk panduan servis All New Suzuki Satria F150 di tahun kedua ini!

Servis 16.000 Km

“Setiap servis harus ganti oli, beli 2 botol yang berisi 800 ml. Ini karena belum ada botol oli yang berkapasitas 1,3 liter.

Jika mengganti ­ filter oli maka yang dibutuhkan jadi 1,4 liter,” ucap Indrawan Subekti, Kepala Mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang (SMG) di bilangan Sunter, Jakut.

Selain oli, komponen lain yang harus diganti adalah busi.

“Businya beda dengan Satria versi sebelumnya. Yang ini pakai NGK R kodenya MR8E-9. Angka 9 menunjukkan gap businya 0,9 mm,” lanjut pria ramah ini.

Selanjutnya ­ filter oli juga diganti pada kilometer ini karena harus diganti tiap kelipatan 8.000 km. Part lain yang perlu diganti pada kilometer ini adalah air radiator.

“Ganti air radiator supaya pendinginan tetap optimal, selain itu juga menjaga agar tidak karat dan keropos di bagian water jacket atau radiatornya.

Jangan coba–coba pakai air biasa, karena bisa menyebabkan korosi lebih cepat,” ujar Indrawan sapaannya.

Servis 20.000 Km
Lanjut lakukan servis pada kilometer 20.000 atau 20 bulan, pada kilometer ini tidak banyak yang diganti hanya oli saja.

Selebihnya mengecek part seperti periksa standar samping, periksa suspensi, periksa mur, baut, pengencang, periksa roda atau ban, periksa bearing kepala kemudi, periksa sistem kopling.

“Jarak bebas kopling bikin 2-3 cm bisa setel lewat bawah dengan kunci pas 12 mm. Lalu berikan pelumas dari bagian atas kabel karena sering debu menumpuk, apalagi setelah menerjang hujan efeknya kopling jadi seret,” sahut Pratomo salah satu mekanik di Suzuki SMG.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa