Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Jupiter MX 2006, Cafe Racer Yahozu

Sabtu, 28 Januari 2017 | 14:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Purwokerto - Yahozu adalah nama untuk Modifikasi Yamaha Jupiter MX bergaya cafe racer ini. Asalnya bukan dari bahasa asing, “Namun gabungan dari tiga merek Jepang yaitu Yamaha, Honda dan Suzuki,” terang Iing pemilik motor yang juga pemilik bengkel Daeng Costum Mastery.

Kenapa nama tiga merek tersebut jadi satu nama? Ternyata Iing memang menggabungkan tiga motor dari tiga merek yang berbeda jadi satu.

Tepatnya, mesin menggunakan Yamaha Jupiter MX keluaran 2006,  rangka pakai copotan Honda Win dan tangki dari Suzuki A100.

Ulah Iing bukan tanpa sebab, ia mengaku miris melihat motor kesayangannya dulu, kini hanya nganggur tak terpakai. Sedangkan kalau dijual harganya turun drastis.

“Daripada sakit hati mendingan dimodif, kebetulan di bengkel banyak komponen enggak terpakai jadi digabungkan saja,” terang pemilik nama lengkap Ilham Purnama ini.

Rangka Win sengaja dipilih agar klop dengan konsep cafe racer yang disasarnya, pakai rangka ini jadi motor sport tulen. Tinggal memikirkan cara agar mesin terpasang sempurna. Karena dimensi mesin yang berbeda jauh, rangka mengalami banyak perubahan.

“Sekitar 50% di bagian dudukan mesin diubah dan dibuat lebih lebar untuk menyesuaikan mesin Jupiter MX yang memang lebih besar,” tuturnya.

Setelah terpasang sempurna, ternyata rangka Win bagian kanan mentok dengan jalur selang radiator. “Potong saja,” entengnya.

“Rangka kanan dipotong dan dibuat melengkung ke atas untuk menyesuaikan jalur radiator. Jadi rangka kanan dan kiri gak simetris,” kekeh Iing.

Setelah urusan mesin dan rangka beres, tangki Suzuki A100 dipasang, sebelumnya bagian bawah depan belakang dipotong supaya lebih serasi dengan rangka Win yang mungil.

“Biar kesan cafe racer-nya lebih dapat, half fairing dan buntut belakang dibuat tanpa menghilangkan karakter rangka Honda Win” tutup Iing yang bisa ditemui di bengkelnya di Jl. Singalangi, Rempoah Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah. • (Dodo/Otomotifnet.com)

Plus: Konsep unik, dimensi motor ringkas asyik buat harian
Minus: Minim perangkat lalu lintas, dilengkapi dong!

 

Data Modifikasi:
Sokbreker depan : Yamaha Scorpio
Sokbreker belakang : YSS
Pelek depan : V-Rossi 2.50-17
Pelek belakang : V-Rossi 3.50-17
Ban depan : Battlax 120/60-17
Ban belakang : Battlax 160/60-17
Knalpot : Custom by Daeng Customs
Stoplamp : LED Custom by Daeng Customs
Daeng Customs : 085727169678

 

 

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa